Resistensi komunitas khilafatul muslimin terhadap hegemoni negara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Deva Viranika (2023) Resistensi komunitas khilafatul muslimin terhadap hegemoni negara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DEVA VIRANIKA SALSABILA - E92219053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Resistensi merupakan bentuk perlawanan yang benar-benar ada dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan lebih khusus menggambarkan bentuk perlawanan minoritas yang kurang beruntung kepada mayoritas bagi secara terang-terangan maupun sembunyi. Penelitian ini mengkaji dua bentuk resistensi (resistensi terbuka dan resistensi tertutup), dan faktor-faktor penyebab terjadinya resistensi terhadap. Sehingga, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan proses resistensi Komunitas Khilafatul Muslimin terhadap hegemoni negara di desa Gadel, Tandes Surabaya, dan menjelaskan faktor-faktor penyebab resistensi terhadap hegemoni negara di desa Gadel, Tandes Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif-kualitatif. Ada dua sumber data dan data penelitian ini, yakni: data primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi partisipatif, interview mendalam, dan studi dokumentasi. Penelitian ini memakai analisis data model Miles dan Huberman yang mencakup, reduksi data, penyajian data, dan verifcation dan interpretasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunitas Khilafatul Muslimin menggunakan strategi berupa resistensi terbuka dan resistensi tertutup terhadap hegemoni negara. Proses terjadinya resistensi bermula karena adanya penolakan terhadap ajaran atau paham Khilafah yang dianggap radikal, karena tidak sesuai dengan undang-undang dan pancasila di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Deva Viranikadevaviranika212@gmail.comE92219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Budaya Organisasi
Filsafat > Filsafat Agama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Resistensi; faktor; khilafatul muslimin; hegemoni
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Deva Viranika Salsabila
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:30
Last Modified: 17 Jul 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62909

Actions (login required)

View Item View Item