Pengaruh religiusitas, kepuasan kerja, dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap komitmen organisasi guru di Yayasan Mamba'ul Hikam Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Miskiyah, Azah Zakiyatul (2023) Pengaruh religiusitas, kepuasan kerja, dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap komitmen organisasi guru di Yayasan Mamba'ul Hikam Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azah Zakiyatul Miskiyah_D03219005.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari religiusitas, kepuasan kerja, dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap komitmen organisasi guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden yakni guru di Yayasan Mamba’ul Hikam Jombang dengan teknik pengambilan penelitian populasi. Teknik analisis yang digunakan yakni dengan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini memberikan hasil dari uji t kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi guru di Yayasan Mamba’ul Hikam Jombang, sedangkan religiusitas dan OCB tidak berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Dalam uji F, variabel religiusitas, kepuasan kerja, dan karekteristik responden secara stimulan atau bersama-sama berpengaruh terhadap komitmen organisasi. Nilai R Square pada penelitian ini adalah 67,5%, sehingga sebanyak 32,5% sisanya diterangkan oleh variabel lain yang tidak teliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Miskiyah, Azah Zakiyatulazahzakiya9999@gmail.comD03219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Religiusitas; kepuasan kerja; organizational citizenship behavior; komitmen organisasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Azah Azah Zakiyatul Miskiyah
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:54
Last Modified: 14 Jun 2023 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62916

Actions (login required)

View Item View Item