Peran kepemimpinan visioner dalam upaya meningkatkan kreativitas pengurus di Yayasan Pondok Aitam dan Dhuafa’ Nurul Karomah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chabibah, Siti (2023) Peran kepemimpinan visioner dalam upaya meningkatkan kreativitas pengurus di Yayasan Pondok Aitam dan Dhuafa’ Nurul Karomah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Chabibah_B74218069 baru_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kepemimpinan visioner dalam upaya meningkatkan kreativitas pengurus di Yayasan Pondok Aitam dan Dhuafa’ (YPAD) Nurul Karomah dan menggambarkan kreativitas pengurus di YPAD Nurul Karomah. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa peran kepemimpinan visioner Ketua YPAD Nurul Karomah sesuai dengan peran kepemimpinan visioner, yaitu penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan pelatih. Hal itu menunjukkan, bahwa ketua YPAD Nurul Karomah menjalankan peran kepemimpinan visioner dengan baik. Seperti, arahan yang diberikan ketua yayasan bersifat tradisional, membuat gebrakan-gebrakan baru yaitu dengan membuat usaha produktif, dan meningkatkan keterampilan santri. Kreativitas pengurus YPAD Nurul Karomah dapat dikatakan sudah baik sesuai dengan indikator kreativitas pengurus, yaitu memiliki rencana dan aksi yang inovatif, percaya diri dan imajinatif, berperan aktif, dan mampu menganalisa dan mengevaluasi masalah. Pengurus Yayasan membenahi cara mencari donatur. Pengurus yayasan juga produktif yaitu memiliki beberapa produk dari yayasan itu sendiri. Contohnya, emping mlinjo, rengginang, legen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chabibah, Sitischabibah1922@gmail.comB74218069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Keywords: Kepemimpinan Visioner; Peran Kepemimpinan Visioner; Kreativitas Pengurus
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:10
Last Modified: 08 Jun 2023 01:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62919

Actions (login required)

View Item View Item