Kontestasi ormas keagamaan : studi kasus di perguruan Muhammadiyah dan yayasan al-Muniroh (NU), Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkiya, Devi (2023) Kontestasi ormas keagamaan : studi kasus di perguruan Muhammadiyah dan yayasan al-Muniroh (NU), Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Rizkiya_E92219054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kegiatan keagamaan dari dua ormas keagamaan sehingga terjadinya kontestasi antara Perguruan Muhammadiyah dan yayasan Al-Muniroh (NU) yang ada di desa PangkahWetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik karena keduanya memiliki cara pandang dan dasar tersendiri dalam perbedaan yang menyebabkan kontestasi. Kontestasi dapat diartikan sebagai ajang perlombaan seperti adu kekuatan dan keunggulan untuk mempertahankan kepentingan yang diinginkan dalam suatu kelompok. Penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan mencari dan memperoleh informasi dari subjek penelitian data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori Pierre Bourdieu untuk melihat kontestasi organisasi kemasyarakatan antara Perguruan Muhammadiyah dan Yayasan Al-Muniroh didesa PangkahWetan kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik. Maka dari itu, penelitian ini penting dikaji lebih mendalam sehingga menghasilkan temuan terjadinya kontestasi antara dua kelompok yang berselisih, macam-macam kontestasi dari dua ormas keagamaan, dan penyebab terjadinya kontestasi antara dua kelompok ormas keagamaan di Desa PangkahWetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkiya, Devidevirizkiya22@gmail.comE92219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kontestasi; ormas Keagamaan; NU; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Devi Rizkiya
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:43
Last Modified: 14 Jun 2023 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62931

Actions (login required)

View Item View Item