Pemberdayaan masyarakat urban melalui program hidroponik menuju sustainable development goals perspektif maqashid syariah: studi kasus kelompok tani mugi lestari di greenhouse Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Irsa Egi (2023) Pemberdayaan masyarakat urban melalui program hidroponik menuju sustainable development goals perspektif maqashid syariah: studi kasus kelompok tani mugi lestari di greenhouse Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irsa Egi Lestari_G94218184.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi masyarakat urban dalam menanam sayuran organik melalui teknik hidroponik sehingga terciptanya kemerdekaan pangan menuju Sustainable Development Goals (SDGs). Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian menggunakan tema pemberdayaan masyarakat untuk mengetahui model pemberdayaan masyarakat urban melalui program hidroponik studi kasus pada Kelompok Tani Mugi Lestari RW. 05 Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya serta pencapaian SDGs pada pemberdayaan masyarakat urban melalui program hidroponik pada Kelompok Tani Mugi Lestari RW. 05 Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya yang ditinjau menggunakan persepektif maqashid syariah. Metode penelitian ini menggunakan jenis analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner kepada narasumber yang sesuai dengan penelitian ini. Proses analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis SWOT dengan menyusun faktor-faktor yang mempengaruhinya sehingga menghasilkan alternatif strategi pengembangan Greenhouse di kemudian hari. Moodel pemberdayaan masyarakat urban pada kelompok tani Mugi Lestari Wonocolo Surabaya secara garis besar, ada tiga tahap pelaksanaan kegiatan. Pada tahap pertama yaitu pemberian modal, tahap kedua yaitu penyuluhan dan pembentukan kelompok tani Mugi Lestari, dan tahap ketiga yaitu pendampingan dan pelatihan. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, terdapat 10 dari 17 tujuan global SDGs yang terdapat dalam pemberdayaan masyarakat pada kelompok tani Mugi Lestari. Adapun jika ditinjau dari perspektif maqashid syariah, pemberdayaan ini telah memenuhi seluruh aspek maslahah daruriyat yaitu dengan terjaganya al-kulliyat al-khamsah. Kedepannya, berdasarkan hasil analisis SWOT didapatkan alternatif strategi pengembangan Greenhouse hidroponik sebagai lokasi pemberdayaan masyarakat urban di RW. 05 Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya adalah dengan menggunakan strategi SO (Strength-Opportunity) yaitu pada posisi strategi tumbuh dan berkembang. Strategi yang sebaiknya diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Irsa Egiirsaegilestarii@gmail.comG94218184
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Bahan Pokok
Ekonomi Islam
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; masyarakat urban; hidroponik; SDGs; dan maqshid syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Irsa Egi Lestari
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:07
Last Modified: 14 Jun 2023 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62944

Actions (login required)

View Item View Item