Penerapan cognitive behavior therapy (CBT) dengan terapi muhasabah dalam mengatasi perilaku kecanduan game online pada remaja di Madrasah Aliyah Bahauddin Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabillah, Lailatul Putri (2023) Penerapan cognitive behavior therapy (CBT) dengan terapi muhasabah dalam mengatasi perilaku kecanduan game online pada remaja di Madrasah Aliyah Bahauddin Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Putri Salsabillah_B73219076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanaan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan terapi muhasabah dalam mengatasi perilaku kecanduan game online pada remaja di Madrasah Aliyah Bahauddin Taman Sidoarjo? 2) Bagaimana hasil pelaksanaan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan terapi muhasabah dalam mengatasi perilaku kecanduan game online pada remaja di Madrasah Aliyah Bahauddin Taman Sidoarjo? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan terapi muhasabah dalam mengatasi perilaku kecanduan game online pada rema di Madrasah Aliyah Taman Sidoarjo. Dalam hal ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Dimana analisis tersebut membandingkan antara teori dengan hasil yang ada di lapangan saat melakukan penelitian data yang di dapatkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan CBT dengan terapi muhasabah untuk mengatasi perilaku kecanduan game online pada remaja melalui langkah Identifikasi, Diagnosis, Prognosis, Treatment, Evaluasi dan Follow Up. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan terapi muhasabah dalam mengatasi perilaku kecanduan gamae online pada remaja memiliki 3 tahapan, yakni: tahap pertama membandingkan antara nikmat dari Allah dengan keburukan yang dilakukan, kemudian tahap kedua harus membedakan anatara hak Allah atas dirinya berupa kewajiban sebagai hamba Allah SWT, dilanjutkan tahap ketiga yaitu harus mengetahui bahwa setiap orang merasa puas terhadap ketaatan yang dilakukan maka hal itu akan merugikan dirinya, dan setiap kemaksiatan dicela maka akan menimpa orang itu. (2) Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan terapi muhasabah dikatakan cukup berhasil dalam mengatasi perilaku kecanduan game online pada remaja di Madrasah Aliyah Bahauddin Taman Sidoarjo, hal ini dapat dilihat dari hasil sebelum dan sesudah diberikannya treatment terhadap konseli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabillah, Lailatul PutriPutri14salsabilah@gmail.comB73219076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinamierrina@uinsby.ac.id2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Terapi
Keywords: Cognitive behavior therapy (CBT); terapi muhassabah; kecanduan game online; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lailatul Putri Salsabillah
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:23
Last Modified: 14 Jun 2023 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62949

Actions (login required)

View Item View Item