Terapi Islam dengan teknik puasa mutih untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada santri di pondok pesantren sunan kalijogo surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jingga, Deno Putri Ayu (2023) Terapi Islam dengan teknik puasa mutih untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada santri di pondok pesantren sunan kalijogo surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deno Putri Ayu Jingga_B03219014 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan terapi islam dengan teknik puasa mutih untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada santri di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Surabaya?: (2) Bagaimana hasil dari terapi islam dengan teknik puasa mutih untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada santri di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Surabaya? Agar menjawab permasalahan diatas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah-langkah yang diterapkan yaitu : identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi, serta evaluasi/follow up. Dalam proses konseling, selain melaksanakan puasa mutih konselor juga menerapkan reinforcement dan punishment serta perilaku-perilaku apa saja yang ingin diubah agar stimulus yang muncul menjadi lebih baik. Hasil akhir dari proses konseling ialah adanya perubahan dalam peningkatan kecerdasan emosional. Dan hasil akhir dari proses konseling ini tergolong berhasil dengan presentase 50%. Hal ini dapat dilihat melalui perubahan pada diri konseli yaitu peningkatan kecerdasan emosional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jingga, Deno Putri Ayujinggakugy2001@gmail.comB03219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinamierrina@uinsby.ac.id2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Puasa
Spiritualisme
Keywords: Terapi Islam; puasa mutih; kecerdasan emosional; santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Deno Jingga
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:59
Last Modified: 19 Sep 2023 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62958

Actions (login required)

View Item View Item