Aplikasi teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) dan terapi syukur dalam menurunkan kecemasan pada istri di Tandes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhar, Wahyu Irsyaadan (2023) Aplikasi teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) dan terapi syukur dalam menurunkan kecemasan pada istri di Tandes Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Irsyaadan Azhar_B03219057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses teknik CBT dan terapi syukur dalam mengurangi kecemasan pada seorang istri akibat belum di karunia anak setelah 5 tahun menikah dan perubahan perilaku seorang istri setelah diberi terapi syukur dan teknik CBT. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan teknik analisis deskriptif komparatif untuk menganalisis fenomena ini. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara langsung terhadap seorang istri yang mengalami kecemasan. Proses teknik CBT dan terapi syukur dalam mengurangi kecemasan pada seorang istri melalui 5 langkah yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan follow up dan hasil penerapan konseling ditandai dengan perubahan positif konseli. Jika sebelum konseling, konseli menglami kecemasan yang dapat dilihat dari gejala gejala kecemasan fisik, psikis dan perilaku, maka setelah konseling, konseli lebih bisa mengurangi kecemasannya dengan gejala gejala yang dialaminya yaitu kecemasn fisik, psikis dan perilakunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhar, Wahyu Irsyaadanirsyaadanazhar@gmail.comB03219057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah, Strategi
Psikologi > Kecemasan
Keywords: Teknik Cognitive Behavior Therapy; Terapi Syukur; Kecemasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wahyu Irsyaadan Azhar
Date Deposited: 15 Jun 2023 05:48
Last Modified: 15 Jun 2023 05:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62965

Actions (login required)

View Item View Item