Uji korelasi variabel abstraction, algorithm, decomposition, dan pattern recognition terhadap kemampuan computational thinking anak usia dasar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arafat, Abdillah (2023) Uji korelasi variabel abstraction, algorithm, decomposition, dan pattern recognition terhadap kemampuan computational thinking anak usia dasar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdillah Arafat_H06219001 OK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fokus dari Computational Thinking terletak pada aspek ilmiah dan dunia komputasi. Tetapi, sekalipun kegiatan programming membutuhkan kemampuan Computational Thinking, untuk mengukur kemampuan Computational Thinking itu sendiri tidak memerlukan pengalaman programming sebelumnya. Computational Thinking sebagai proses berpikir dibutuhkan sejak pendidikan dasar dan penting untuk dimiliki sejak usia dini. Oleh karena itu, penting dilakukan pengukuran terhadap siswa sekolah dasar untuk dapat mendeteksi lebih awal kemampuan Computational Thinking yang mereka miliki. Dengan menggunakan istrumen pertanyaan dari Bebras Indonesia, penelitian ini melakukan Uji Korelasi Perason Product Moment untuk mengetahui keterkaitan variabel Abstraction, Algorithm, Decomposition, dan Pattern Recognition terhadap kemampuan Computational Thinking anak usia dasar. Selain itu, Uji Z juga dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pada kemampuan Computational Thinking siswa full day school dan sekolah reguler serta siswa laki-laki dan perempuan. Sebelum itu, data harus dipastikan terdistribusi normal dahulu melalui uji normalitas Skewness-Kurtosis sebagai syarat mutlak dari dua pengujian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Computational Thinking anak usia dasar memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan tingkatan kuat terhadap variabel Abstraction (r = 0,760), Algorithm (r = 0,710), dan Decomposition (r = 0,648). Hubungan yang positif dan signifikan ini juga terjadi pada variabel Pattern Recognition pada tingkatan sedang (r = 0,476). Selain itu, diketahui adanya perbedaan kemampuan Computational Thinking pada dua jenis sekolah berbeda, yaitu siswa full day school lebih baik daripada siswa sekolah reguler. Sedangkan pada kelompok siswa laki-laki dan perempuan tidak ditemukan adanya perbedaan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arafat, Abdillahabdillaharafat831@gmail,comH06219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id--
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pemikiran
Keywords: Abstraction; Algorithm; Decomposition; Pattern Recognition; Computational Thinking
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Abdillah Arafat
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:31
Last Modified: 31 Aug 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62966

Actions (login required)

View Item View Item