Hadis memilih teman yang baik dalam kehidupan sosial: kajian tematik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyawati, Avrida (2023) Hadis memilih teman yang baik dalam kehidupan sosial: kajian tematik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Avrida Widyawati_E05219004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teman adalah orang yang senantiasa berhubungan dengan kita. Berhubungan dan berteman dengan orang lain adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita. Mencari seseorang untuk dijadikan teman itu sangat tidak mudah. Kita harus selektif dalam mencari teman bergaul. Karena itu bisa mempengaruhi kehidupan kita kedepannya. Jangan sampai salah pilih teman yang nantinya berujung kepada sebuah penyesalan. Tujuan dalam penelitian ini adalah menguraikan pemaknaan hadis memilih teman yang baik dalam kehidupan sosial dan untuk mengetahui kualitas sanad serta kualitas matan hadis tentang memilih teman yang baik dalam kehidupan sosial juga mendeskripsikan implikasi hadis memilih teman yang baik dalam kehidupan sosial. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengingatkan akan pentingnya memilih teman yang baik dan tentunya lebih bijak dalam memilih teman agar tidak terjerumus ke dalam lubang kemaksiatan dan kesesatan karena pengaruh teman yang salah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian kualitatif, yakni penelitian yang bersifat analisis deskriptif menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan) dengan memaparkan hadis-hadis setema tentang pertemanan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah hadis-hadis tentang memilih teman yang baik berstatus dhaif, namun ada banyak perawi yang menguatkan dari riwayat Tirmidzi dan Shahih Bukhari dan ada satu rawi yang bernama Mu>sa Ibn Wardan dari riwayat Abu> Da>wud yang dinilai mursal, namun semua rawi banyak yang menguatkannya yaitu tsiqah, dhabit, adil dan tidak ada syadz dan illatnya. Maka hadis ini berstatus Hasan lighairihi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyawati, Avridaavrida.widyawati205@gmail.comE05219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Hadis
Keywords: Memilih teman; teman yang Baik; hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Avrida Widyawati
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:21
Last Modified: 21 Aug 2023 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62976

Actions (login required)

View Item View Item