Perubahan sosial dan pandemi Covid-19: perilaku sosial budaya masyarakat pada masa adaptasi kebiasaan baru di Desa Ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Milzam, Rifqi Milzam (2023) Perubahan sosial dan pandemi Covid-19: perilaku sosial budaya masyarakat pada masa adaptasi kebiasaan baru di Desa Ganting Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifqi Milzam Hindami_I93218084.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana perubahan sosial terjadi pada aspek sosial budaya selama masa pandemic covid-19 hingga diberlakukan kebijakan adaptasi kebiasaan baru. Perubahan yang terjadi di akibat pandemi covid-19 mengakibatkan aktivitas sosial budaya berubah dan mengakibatkan culture shock pada masyarakat. Dari permasalahan tersebut yang menjadi sub masalah yang dikaji adalah bagaimana perubahan pola perilaku sosial budaya yang terjadi pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masyarakat desa Ganting dan bagaimana upaya dari masyarakat untuk menjaga keberlanjutan pola perilaku sosial budaya pada masa adaptasi kebiasaan baru di desa Ganting. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data. Teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi di masyarakat adalah Teori Struktural Fungsional dan Perubahan oleh Talcott Parson. Peneliti menemukan, bahwa (1) Dalam aspek sosial budaya perubahan perilaku masyarakat desa Ganting awalnya masyarakat merasa kesulitan untuk beradaptasi, akan tetapi dengan adanya dorongan dari institusi pemerintahan desa agar masyarakat membiasakan diri untuk memenuhi dan mentaati protocol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan agar terhindar dari infeksi virus covid-19, pada akhirnya hal ini menjadi hal yang dapat diterima oleh masyarakat dan mnejadi kebiasaan baru di masyarakat desa Ganting; (2) Didalam menjaga keberlanjutan prilaku sosial budaya masyarakat desa ganting merupakan sistem sosial yang saling berintergrasi dengan institusi pemerintahan desa yang menghasilkan fungsi masing masing sebagi pemeliharaan pola dengan dorongan norma serta peraturan yang telah di sepakti Bersama-sama agar terhindar dari infeksi virus corona, hal ini menjadi dasar seluruh elemen masyarakat desa ganting untuk bertindak memutus rantai penyebaran virus corona. Maka dari itu menyebabkan masyarakat telah terbiasa memelihara serta menaga keberlanjutan perubahan yang telah terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Milzam, Rifqi Milzamrifqimilzam@gmail.comI93218084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Budaya
Keywords: Perubahan sosial; pandemi Covid-19; perilaku sosial budaya; masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rifqi Milzam
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:19
Last Modified: 15 Jun 2023 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62979

Actions (login required)

View Item View Item