Ayat-ayat jihād fī sabīlillāh perspektif tafsir kontekstual Abdullah Saeed dan relevansinya dengan deklarasi universal hak asasi manusia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anas, Khoirul (2022) Ayat-ayat jihād fī sabīlillāh perspektif tafsir kontekstual Abdullah Saeed dan relevansinya dengan deklarasi universal hak asasi manusia. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Anas_F02519169 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan ini menjelaskan tentang ayat-ayat jihād fī sabīlillāh dalam perspektif pendekatan kontekstual Abdullah Saeed. Pokok masalah dalam pembahasan tesis ini adalah bagaimana memahami ayat-ayat jihād fī sabīlillāh dengan menggunakan teori tafsir kontekst Abdulullah Saeed sehingga al-Qur’an tetap relevan dengan segala kondisi yang ada, terlebih dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (Universal Declaration of Human Right). Teknik penafsiran tersebut menggunakan pendekatan kontekstual yang ditawarkan oleh Abdullah Saeed, karena metode tafsir kontekstualnya tersusun secara sistematis yang dikhususkan untuk ayat etika hukum. Untuk memperoleh makna ayat tersebut, terlebih dahulu diperlukan pemahaman secara kebahasaan dan melalui pemahaman spekulatif akan masyarakat penerima wahyu dan konteks aslinya. Baru kemudian makna tersebut diadaptasikan dengan kondisi kontemporer. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa seluruh ayat-ayat jihād fī sabīlillāh turun pada periode Madinah dan situasi yang sedang terjadi saat itu adalah perang dan nila-nilai yang terdapat di dalamnya meliputi nilai proteksional, implementasional dan intruksional. Dari nilai-nilai tersebut ayat-ayat jihad dapat dikontekstualisasikan untuk berperang melawan kemiskinan, kebodohan dan jihad untuk menumbuhkan serta memperkuat ukhwah (persaudaraan) antar umat Islam. Dari berbagai macam jihad di atas penulis melihat bahwa jihad-jihad tersebut memiliki relevansi dengan deklarasi universal hak asasi manusia. Sebagaimana tertuang di dalam pasal 26 ayat 1-3, pasal 23 ayat 1-4 dan pasal 18 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anas, Khoirulanaskhoirul58@gmail.comF02519169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abdalidoktaf@gmail.com2002026501
Thesis advisorHadi, Abd--2018115501
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Ayat ayat jihad
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: khoirul anas
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:16
Last Modified: 14 Jul 2023 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62982

Actions (login required)

View Item View Item