Kreativitas pemuda dalam optimalisasi pemanfaatan kotoran sapi di Dusun Mojolebak Desa Mojolebak Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amirudin, Ahmad (2023) Kreativitas pemuda dalam optimalisasi pemanfaatan kotoran sapi di Dusun Mojolebak Desa Mojolebak Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Amirudin_B92218099 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dusun Mojolebak merupakan salah satu dusun di Mojokerto yang memiliki aset berupa pertanian dan peternakan. Aset pertanian berupa sawah dengan luasan 19.223 hektar, sedangkan Aset peternakan yang ada disana adalah model penggemukan baik ternak sapi, ayam, atau kambing. Dari aset peternakan menyisakan banyak kotoran hewan dalam sehari mencapai 15-20 kg perhari. Banyaknya kotoran ini menjadi aset yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Tetapi aset tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengorganisir serta mengajak masyarakat khususnya para pemuda, untuk melakukan inovasi dalam mengolah pupuk berbahan dasar kotoran sapi. Pupuk berbahan jenis ini biasa dikenal dengan pupuk organik. Pada penelitian ini penulis menerapkan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan melakukan 5-D yakni dengan mengetahui potensi (Discovery), menargetkan impian (Dream), membuat
rancangan dan merencanakan strategi dari impian yang ingin dicapai (Design), kemudian melakukan aksi secara partisipatif yang didasarkan pada strategi yang telah dirancang sebelumnya (Define), kemudian melakukan pengamatan atau pengawasan dan evaluasi (Destiny). Hasil pendampingan bersama dengan pemuda Dusun Mojolebak dilakuakn selama 4 bulan: (1) Masyarakat menyadari bahwa kotoran sapi sebagai potensi yang bernilai ekonomis (2) perubahan mindset dan pola pikir yang mengarah pada perilaku berupa memilah dan mengolah kotoran sapi. (3) Terbentuknya kelompok pemuda (Arjol Bisa) yang berkeinginan untuk mengembangkan potensi serta aset di daerahnya (4) Meminimalisir biaya pengeluaran masyarakat petani dengan tidak candu menggunakan pupuk non organik (kimia).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amirudin, AhmadB92218099@uinsby.ac.idB92218099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Pengorganisasian; Pengembangan Masyarakat; Kreativitas; pupuk organik; kelompok pemuda
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:12
Last Modified: 12 Jun 2023 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62986

Actions (login required)

View Item View Item