Analisis penalaran matematis dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship dibedakan berdasarkan kemampuan awal Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siswoyo, Bunga Julieta (2023) Analisis penalaran matematis dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship dibedakan berdasarkan kemampuan awal Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bunga Julieta Siswoyo_D94219047.pdf

Download (26MB)

Abstract

Hasil studi PISA yang diperoleh Indonesia pada tahun 2018 dalam bidang matematika yaitu memperoleh skor rata-rata sebesar 379. Berdasarkan pencapaian PISA tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan adanya faktor yang menyebabkan kemampuan matematika yang dimiliki siswa Indonesia masih rendah salah satunya yaitu kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika. Dalam menggunakan penalaran matematis, juga dibutuhkan kemampuan awal matematika sebagai dasar pengetahuan bagi siswa dalam menyelesaikan suatu persoalan matematika. Soal PISA konten change and relationship memiliki karakteristik yaitu tidak mempunyai petunjuk yang jelas dalam soalnya. Sehingga dibutuhkan kemampuan untuk memadukan semua konsep matematika yang telah dipelajari untuk menentukan hasil penyelesaiannya. Hal tersebut menunjukkan hubungan antara penalaran matematis dan kemampuan awal matematika siswa dimana kemampuan awal matematika membantu menunjukkan ketercapaian dari indikator penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas X-1 MAN Sidoarjo. Subjek penelitian ada 6 siswa dengan 2 siswa berkemampuan awal matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan awal matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan awal matematika rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis berupa tes soal PISA untuk mengetahui data penalaran matematis siswa dan wawancara untuk menguatkan serta melengkapi hasil tes tulis. Setelah data penelitian diperoleh, dilakukan analisis data dengan langkah-langkah yaitu tahap kondensasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Selanjutnya data diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siswoyo, Bunga Julietabungasiswoyo@gmail.comD94219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Penalaran matematis; soal pisa; konten change; relationship; kemampuan Matematika
Depositing User: Bunga Julieta Siswoyo
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:43
Last Modified: 15 Jun 2023 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62988

Actions (login required)

View Item View Item