Majelis shalawat at-Taufiq pondok pesantren Miftahul Ulum: studi peran terhadap pembentukan karakter pemuda Karangpenang Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulfa, Humairotus (2020) Majelis shalawat at-Taufiq pondok pesantren Miftahul Ulum: studi peran terhadap pembentukan karakter pemuda Karangpenang Sampang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Humairotus Sulfa_F52918012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemuda menjadi perhatian utama dalam masyarakat di berbagai kalangan di setiap bidang. Peran pemuda dalam masyarakat sebagai pembentukan karakter yang baik, harus memiliki nilai-nilai luhur, berjiwa sosial dan membangun serta cinta tanah air. Fenomena yang berkembang di daerah Karangpenang Sampang ini, banyaknya pemuda yang sangat antusias mengikuti majelis ini, karena adanya anggota-anggota majelis ini yang keseluruhannya dari kalangan pemuda, dari ketua, vokalis shalawatnya, dan penabuh banjarinya. Dua tahun sebelum adanya majelis shalawat At-Taufiq, kondisi masyarakat yang cukup memprihantinkan. Seperti pemudanya yang suka hiburan malam, nonkrong di malam hari yang tidak jelas, minuman-inuman keras, dan lainnya. Dengan itu Gus Khoiron yang sekarang selaku Ketua Umum membentuk sebuah majelis yakni majelis shalawat At-Taufiq. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan berdasar pada teori peran, dan tehnik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Tesis ini meneliti peran majelis shalawat At-Taufiq terhadap pemuda Karangpenang Sampang dengan menjawab permasalahan 1) Bagaimana program dan 2) Aplikasi Majelis Shalawat At-Taufiq Pondok Pesantren Miftahul Ulum terhadap pembentukan karakter pemuda Karangpenang Sampang?.d Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian seorang pemuda banyak yang berubah positif setelah mengikuti majelis ini. Cara majelis shalawat At-Taufiq dalam mengajak pemuda agar menjadi pribadi yang lebih baik yakni dengan program kegiatannya yang bermacam-macam dan terus-menerus setiap minggunya. Begitupun juga dengan strateginya dalam memikat anggota dengan mewujudkan penyadaran dan pembinaan moral secara nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulfa, Humairotuszulfahumairotus@gmail.comF52918012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Islam > Organisasi
Kepribadian
Kepemimpinan
Santri
Keywords: Peran; Pemuda; Majelis Shalawat At-TaufIq.
Divisions: Program Magister > Ilmu Keislaman
Depositing User: Sulfa Humairotus
Date Deposited: 22 Jun 2023 16:04
Last Modified: 22 Jun 2023 16:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62992

Actions (login required)

View Item View Item