Sistem rekrutmen pemain sepak bola menggunakan K-Means Pso pada Lima Liga Sepak Bola Top Eropa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khariri, Adam Fahmi (2023) Sistem rekrutmen pemain sepak bola menggunakan K-Means Pso pada Lima Liga Sepak Bola Top Eropa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adam Fahmi Khariri_H02219001 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap klub sepak bola memiliki keinginan kuat untuk mencapai kemenangan dalam pertandingan dan meraih gelar juara. Sebagai akibatnya, mereka mencari pemain yang terampil dan memiliki kemampuan dalam mencetak gol, memberikan umpan yang akurat, mengurangi kesalahan, dan memahami strategi taktikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan pemain dengan menggunakan versi yang dioptimasi dari algoritma K-Means melalui Particle Swarm Optimization (PSO). Penelitian ini menggunakan data spatio-temporal yang mencakup performa pemain sepak bola. Hasil dari pengklasteran k-means, yang dikombinasikan dengan PSO, dengan variasi nilai k dari k=2 hingga k=4, mengungkapkan bahwa cluster k=3 merupakan kelompok pemain yang luar biasa, dan layak direkomendasikan untuk direkrut oleh klub sepak bola. Cluster ini memiliki koefisien siluet sebesar 0.76. Selain itu, analisis ini menghasilkan Cluster 1, yang terdiri dari pemain yang mampu bermain dalam tiga posisi yang berbeda, Cluster 2, yang terdiri dari pemain yang mengkhususkan diri dalam satu posisi, dan Cluster 3, yang melibatkan pemain yang memiliki keahlian dalam dua posisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khariri, Adam Fahmiadamfahmikhariri@gmail.comH02219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@uinsby.ac.id2004028001
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalaputroue@uinsby.ac.id0728058802
Subjects: Matematika
Olah Raga
Sepak Bola
Statistik
Keywords: Sepak Bola; Clustering; K-Means; Spatio-Temporal; Particle Swarm Optimization
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Adam Fahmi Khariri
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:23
Last Modified: 13 Jun 2023 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62998

Actions (login required)

View Item View Item