Pengaruh regulator, kinerja keuangan dan tipe industri terhadap carbon emission disclosure: studi kasus pada perusahaan yang tercatat di BEI tahun 2019-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Firda Ananda (2023) Pengaruh regulator, kinerja keuangan dan tipe industri terhadap carbon emission disclosure: studi kasus pada perusahaan yang tercatat di BEI tahun 2019-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Ananda Sari_G92219094 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Regulator, Kinerja Keuangan dan Tipe Industri secara parsial maupun simultan terhadap Carbon Emission Disclosure pada seluruh perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder, berupa sustainability report dan annual report yang diterbitkan oleh BEI maupun website resmi perusahaan. Dengan metode purposive sampling, diperoleh jumlah sampel secara keseluruhan sebanyak 129 sampel dengan 43 perusahaan tiap tahunnya. Dalam menguji hipotesis penelitian digunakan analisis regresi data panel dengan software STATA versi 17 dalam mengelola datanya. Hasil penelitian menunjukkan variabel Regulator berpengaruh positif signifikan terhadap Carbon Emission Disclosure yang berarti Regulator (Pemerintah) selaku pembuat kebijakan memiliki kekuatan untuk menekan perusahaan agar lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan dan mengungkapkan emisi karbon. Hasil penelitian ini juga mengungkap bahwa variabel Tipe Industri juga berpengaruh positif signifikan terhadap Carbon Emission Disclosure sehingga dapat disimpulkan perusahaan high-profile cenderung lebih proaktif dalam melakukan pengungkapan emisi karbon untuk mendapatkan legitimasi dari masyarakat. Sedangkan hasil dari Kinerja Keuangan yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Carbon Emission Disclosure sehingga dapat dikatakan bahwa besarnya profitabilitas tidak bergerak seiring dengan pengungkapan emisi karbon. Keberadaan penelitian ini memberikan rekomendasi kepada manjemen perusahaan agar lebih transparan dalam melaporkan emisi karbon mereka dan bertanggung jawab atas dampak lingkungan dari operasi mereka untuk membangun kepercayaan dan citra yang baik dengan para pemangku kepentingan. Bagi pemerintah harus lebih terlibat dalam pengawasan emisi karbon perusahaan di Indonesia, agar praktik Carbon Emission Disclosure di Indonesia meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Firda Anandafirdaanandasr12@gmail.comG92219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKoerniawati, Dwiniadkw01@gmail.com--
Subjects: Akuntansi
Lingkungan Hidup
Keuangan
Keywords: carbon emission disclosure; regulator; roe; tipe industri; indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: firda ananda sari
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:53
Last Modified: 07 Jul 2023 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63004

Actions (login required)

View Item View Item