Strategi diplomasi publik Korea Selatan dalam promosi budaya k-pop di Indonesia pada masa pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyanti, Isa (2022) Strategi diplomasi publik Korea Selatan dalam promosi budaya k-pop di Indonesia pada masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isa Ariyanti_I92218083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadikan popularitas K-Pop di Indonesia mengalami peningkatan. Peningkatan popularitas K-Pop di Indonesia didasari dengan banyaknya kegiatan selama pandemi yang lebih banyak menggunakan media sosial. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui strategi Korea Selatan dalam melakukan diplomasi publik di Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data melalui jurnal online, koran online, laporan penelitian terdahulu, dan juga wawancara langsung dengan narasumber yang relevan. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dalam bentuk deskripsi. Kerangka konsep yang digunakan diantaranya yaitu strategi dan diplomasi budaya sebagai kerangka berfikir. Pada penelitian ini ditemukan bahwa Korea Selatan menggunakan Strategi dalam mempromosikan K-Pop yaitu Pengenalan, merupakan tahapan pertama yang digunakan untuk menjadikan masyarakat Indonesia lebih mengenal banyak aspek mengenai kebudayaan K-Pop. Kedua, meningkatkan apresiasi masyarakat untuk memberikan citra positif kepada Korea Selatan dalam mempromosikan K-Pop saat pandemi Covid-19. Ketiga, mempererat kedekatan antar kedua negara yaitu melalui budaya K-Pop hubungan baik akan terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan meskipun pada masa pandemi Covid-19. Keempat, mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk tetap mencintai dan mengenal K-Pop lebih mendalam. Korea Selatan memanfaatkan media soial dan perkembangan teknologi sebagai media promosi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyanti, Isaisaariyanti255@gmail.comI92218083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki Rahmadinirr.nurika@uinsby.ac.id2025039001
Subjects: Hubungan Internasional
Promosi
Budaya
Keywords: Diplomasi publik; strategi; k-pop
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Isa Ariyanti
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:30
Last Modified: 21 Jun 2023 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63013

Actions (login required)

View Item View Item