Internalisasi nilai kabangsaan melalui Kitab Idhotun Nasyiin pada santri di Madrasah Diniyah Roudhotul Huda Gembongan Ponggok Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damatussolah, Dhea Alfina (2022) Internalisasi nilai kabangsaan melalui Kitab Idhotun Nasyiin pada santri di Madrasah Diniyah Roudhotul Huda Gembongan Ponggok Blitar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhea Alfina Damatussolah_02040820016 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dilatar belakangi dengan perlunya penanaman nilai kebangsaan kepada generasi bangsa khususnya santri di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Gembongan Ponggok Blitar. Fokus Penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran kitab Idhotun Nasyiin di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Gembongan Ponggok Blitar?, (2) Bagaimana proses internalisasi nilai kebangsaan melalui kitab Idhotun Nasyiin di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Gembongan Ponggok Blitar?, (3) Bagaimana dampak internalisasi nilai kebangsaan melalui kitab Idhotun Nasyiin di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Gembongan Ponggok Blitar?. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran kitab Idhotun Nasyiin di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Gembongan, Ponggok, Blitar dilaksanakan oleh guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab (2) Proses internalisasi nilai kebangsaan melalui kitab Idhotun Nasyiin di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Gembongan, Ponggok, Blitar dilaksanakan: Tahapan pertama, tahap transformasi nilai. Kedua tahap transaksi nilai, dilaksanakan dengan baik antara guru dan santri. Ketiga, tahap transinternalisasi nilai. (3) Dampak internalisasi nilai kebangsaan melalui kitab Idhotun Nasyiin di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda yaitu pertama, memberikan pemahaman yang tepat pada santri tentang arti nasionalisme yang sebenarnya. Kedua, santri dan guru dapat menerapkan sikap-sikap kebangsaan pada kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damatussolah, Dhea Alfinadheaalfina1@gmail.com02040820016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moh.mochtolchah@yhoo.com2005035301
Thesis advisorNi'am, KhirunUNSPECIFIED20255077001
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Santri
Keywords: Internalisasi; nilai kebangsaan; Idhotun Nasyiin
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhea Alfina Damatussolah
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:04
Last Modified: 20 Jun 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63018

Actions (login required)

View Item View Item