Analisis penerapan etika bisnis Islam dalam perkembangan bisnis online antaradinhijabs

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Sofil (2021) Analisis penerapan etika bisnis Islam dalam perkembangan bisnis online antaradinhijabs. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofil Fikri_G04214032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Perkembangan Bisnis Online Antaradinhijabs”, skripsi ini ditulis oleh Sofil Fikri, NIM G04214032, prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Latar belakang penulis melakukan penelitian ini yaitu dikarenakan pada jaman modern seperti saat ini banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan media online untuk menawarkan produknya. Namun terdapat beberapa oknum pelaku bisnis online yang tidak jujur dan tidak bertanggung jawab terhadap barang yang dia tawarkan. Untuk menjawab tantangan global di era modern saat ini Antaradinhijabs hadir sebagai salah satu bisnis online yang mampu bersaing di tengah berita tentang kurangnya etika para oknum tersebut. Menurut Muhammad Djakfar dalam buku Etika Bisnis dalam Perspektif Islam mengatakan seluruh pelaku bisnis muslim wajib mengindahkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang telah diharuskan dalam Islam yaitu kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebenaran, sehingga menarik bagi penulis untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada bisnis ini dalam perkembangannya. Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian lapangan (field reasearch) dengan menggunakan pendekaan kualitatif. Penelitian ini penulis lakukan di bisnis online Antaradinhijabs dan informan dalam penelitian ini adalah pemilik bisnis online Antaradinhijabs. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik wawancara. Sedangkan di dalam pembahasannya menggunakan metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan secara sistematis. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang penerapan etika bisnis Islam dalam perkembangan bisnis online Antaradinhijabs menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam pada bisnis online Antaradinhijabs telah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang meliputi kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebenaran. Dengan penerapan etika bisnis Islam pada bisnis online Antaradinhijabs membuat pelanggan menjadi setia dan melakukan repeat order serta merekomendasikan kepada sekitarnya sehingga membuat Antaradinhijabs menjadi semakin berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Sofilsofilfikri687@gmail.comG04214032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasy@gmail.com2028128301
Subjects: Etika
Keywords: Etika bisnis Islam; bisnis online
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sofil Fikr Sofil Fikri
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:02
Last Modified: 20 Jun 2023 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63028

Actions (login required)

View Item View Item