Pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saadah, Fatimatus (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatus Saadah_D74218024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajara langsung dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan metode kuantitatif dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII – A SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo yang terdiri dari 36 peserta didik dan kelas VIII – B SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo yang terdiri dari 36 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode tes secara tertulis berupa posttest. Data hasil posttest kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika dianalisis dengan mencari nilai rata – rata berdasarkan data yang telah diperoleh. Sebelum data hasil penelitian di uji hipotesis, terlebih dahulu peneliti menguji data hasil posttest menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk melihat data tersebut berdistribusi normal atau tidak. Data hasil posttest kelas kontrol dalam penelitian ini berdistribusi normal karena nilai signifikansinya adalah sebesar 0,066 > 0,05. Adapun data hasil posttest kelas eksperimen dalam penelitian ini berdistribusi normal karena nilai signifikansinya adalah sebesar 0,142 > 0,05. Setelah melakukan uji normalitas, peneliti melakukan uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic untuk melihat varians data tersebut homogen atau tidak. Data hasil posttest dalam penelitian ini adalah homogen karena nilai signifikansinya adalah sebesar 0,293 > 0,05. Dengan demikian untuk menguji hipotesis pada penelitian ini, peneliti menggunakan uji Independent Sample t – test, karena syarat dari uji ini sudah terpenuhi yaitu data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji Independent Sample t – test untuk soal posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran langsung. Karena terdapat perbedaan hasil tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika setelah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saadah, Fatimatusfatimatussaadah19@gmail.comD74218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS); Video Pembelajaran; Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:57
Last Modified: 20 Jun 2023 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63053

Actions (login required)

View Item View Item