Pengaruh accounting information dan volume trading terhadap harga saham perusahaan farmasi yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitra, Muhammad Amiruddin (2023) Pengaruh accounting information dan volume trading terhadap harga saham perusahaan farmasi yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Amiruddin Fitra_G94218201 ok.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh accounting information yang terdiri dari Earning per Share, Price Earning Ratio, Price to Book Value dan volume trading terhadap harga saham perusahaan farmasi yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia. Periode penelitian yang digunakan selama 19 (sembilan belas) bulan yaitu mulai dari bulan Februari 2021 hingga bulan Agustus 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan farmasi yang terindeks dalam ISSI periode Februari 2021 sampai Agustus 2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel yang diolah menggunakan Eviews 9. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel accounting information yang terdiri dari Earning per Share, Price Earning Ratio, dan Price to Book Value berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap harga saham, yang berarti tinggi rendahnya nilai accounting information tersebut akan mempengaruhi harga saham perusahaan dimana dalam objek data yang diteliti menunjukkan harga saham yang menurun disebabkan oleh rasio-rasio keuangan yang menurun. Sedangkan volume trading tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap harga saham, yang berarti jika nilai volume trading mengalami kenaikan atau penurunan maka tidak akan berdampak pada harga saham perusahaan farmasi, hal tersebut karena volume trading hanya berpengaruh dalam jangka pendek dan tidak berpengaruh dalam jangka panjang. Selanjutnya variabel Earning per Share, Price Earning Ratio, Price to Book Value dan volume trading berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap harga saham. Penelitian ini berdasarkan penelitian sebelumnya lebih menekankan dua hal yaitu accounting information dan volume trading, accounting information memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham sedangkan volume trading tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hal tersebut disebabkan kondisi pandemik covid-19 juga menjadi faktor kasuistik yang mempengaruhi hasil penelitian karena peristiwa pandemik ini jarang terjadi dan kemungkinan terulang dalam periode puluhan tahun sekali. Bagi para investor yang mengharapkan kenaikan harga saham, bisa mempertimbangkan EPS, PER, PBV perusahaan tersebut yang terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitra, Muhammad Amiruddinamirm6474@gmail.comG94218201
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Accounting information; volume trading; harga saham; ISSI
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Amiruddin Fitra
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:38
Last Modified: 22 Jun 2023 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63056

Actions (login required)

View Item View Item