Teologi moderat asy'ariah dalam karya Mohammad Yunus Masrukhin: analisis hermeneutika Hans-Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subangga, Bymmas (2022) Teologi moderat asy'ariah dalam karya Mohammad Yunus Masrukhin: analisis hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bymmas Subangga_E71218034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memfokuskan pembahasannya pada konsep teologi moderat Asy‟ariah di era kontemporer. Teologi moderat Asy‟ariah di era kontemporer ini penting untuk dikaji guna sebagai tawaran atas perkembangan zaman yang lebih maju. Dalam hal ini, buku karya Mohammad Yunus Masrukhin yang berjudul “Menjadi Muslim Moderat: Teologi Asy‟ariah di Era Kontemporer” menarik untuk dikaji, mengingat banyak pandangan dari pengarang yang mengarah pada sudut pandang baru teologi Asy‟ariah. Dalam menganalisis buku ini peneliti menggunakan teori hermeneutika Hans George Gadamer sebagai pendekatan. Skripsi ini memuat dua permasalahan, yakni: pertama, bagaimana teologi moderat Asy‟ariah dalam buku karya Mohammad Yunus Masrukhin; kedua, bagaimana analisis hermeneutika Hans-Georg Gadamer dalam karya Mohammad Yunus Masrukhin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode library research. Hasil penelitian skripsi ini didapatkan melalui topik yang ada dalam karya Mohammad Yunus Masrukhin. Yang mana, topik yang ditawarkan oleh Mohammad Yunus Masrukhin relevan dengan apa yang ada pada era kontemporer ini. Hasil dari penelitian ini meliputi, pemahaman teologi Asy‟ariah yang ada pada buku tersebut dibangun dari konsep pra-pemahaman yang mengandaikan sikap keterbukaan, kemudian sejarah pengaruh yang terdapat dua hal yang melatarbelakanginya, yakni tumbuh di lingkungan Nahdliyin dan kultur keilmuan dari pondok pesantren. Ketiga, peleburan horizon. Hasil dari peleburan antara horizon teks dengan horizon peneliti yang menghasilkan pemahaman atas makna permasalahan yang membahas tentang bagaimana sikap keterbukaan dalam menerima keberagamaan yang berbeda pada konteks bernegara. Keempat, aplikasi. Pengejawantahan sikap moderat Asy‟ariah dalam kehidupan bermasyarakat agar terciptanya sebuah masyarakat yang damai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subangga, Bymmasagasalan9@gmail.comE71218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Filsafat
Ideologi Islam
Keywords: Konsep moderat; hermeneutis Hans-Georg Gadamer; menjadi muslim moderat; teologi asy‟ariah di era kontemporer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Bymmas Subangga
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:57
Last Modified: 26 Jun 2023 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63061

Actions (login required)

View Item View Item