Pengaruh boneka tangan terhadap perkembangan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslakhah, Umi (2023) Pengaruh boneka tangan terhadap perkembangan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Maslakhah_D99219074.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang mampunya kemampuan berbicara anak dalam menjawab pertanyaan guru dan anak tidak dapat dengan mudah membagikan isi cerita yang mereka dengar secara sederhana. Hal ini dibuktikan dengan 19 anak dalam satu kelas tidak dapat menceritakan kembali isi cerita secara sederhana yang telah disampaikan oleh guru. Dengan hal ini, tujuan diadakan penelitian menggunakan boneka tangan ini untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Sidoarjo. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Postest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Sidoarjo yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian Kuantitatif jenis One Group Pretest Postest Design memiliki 3 tahapan, yaitu pre test, pemberian perlakuan (treatment), dan post test. Pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Sidoarjo, sebelum menggunakan media boneka tangan dikategorikan belum berkembang dengan baik, terlihat dari nilai rata-rata total 1.105 untuk setiap aspeknya. Sesudah penggunaan media boneka tangan kemampuan berbicara anak berkembang lebih baik dengan dikategorikan nilai rata-rata total 3.89 untuk setiap aspeknya. Hal ini dibuktikan dari hasil data pre test dan post test yang didapat menggunakan uji Wilcoxon dengan menggunakan SPSS 16 yang menunjukkan Zhitung -3.954 dan sig ,000. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslakhah, Umiauntumyummi@gmail.comD99219074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIrfan, Tamwifiirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorImam, Syafi'iimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Metode
Keywords: Kemampuan berbicara; boneka tangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: umi maslakhah maslakhah
Date Deposited: 26 Jun 2023 05:33
Last Modified: 26 Jun 2023 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63067

Actions (login required)

View Item View Item