Analisis ilmu falak terhadap konsep ijtima' qobla fajar dalam penentuan awal bulan negara Libya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'mal, Fadhahilal (2023) Analisis ilmu falak terhadap konsep ijtima' qobla fajar dalam penentuan awal bulan negara Libya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhahilal A'mal_C96219041.pdf

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam menjawab rumusan masalah di atas di dapatkan jawaban bahwa yang pertama, terkait konsep Ijtimā’ qobla fajr dalam penentu permulaan bulan Negara Libya, dimana penentu permulaan bulan di Negara Libya menggunakkan hisab hakiki dengan kriteria Ijtimā’ qobla fajr dengan ketetapan awalnya hari dimulai ketika fajar, bukan saaat Matahari terbenam yang pada umumnya digunakkan mayoritas Umat Islam pada umumnya. Hal ini mengacu pada wilayah bagian timur Negara Libya di Kota Tubruk. Apabila telah terjadi Ijtimā’ sebelum fajar di wilayah timur Libya yaitu Tubruk, sehingga semua wilayah Libya telah masuk bulan di hari itu juga. Kedua, hubungan ilmu falak terhadap konsep Ijtimā’ qobla fajr sendiri menyimpulkan bahwasanya korelasi antar Ijtimā’qobla fajr sebagai salahsatu dari sekian banyak sistem kriteria di dalam metode penentuan awal bulan yang berada di dalam cabang ilmu falak itu sendiri sebagai ranah menuju ijtihati dalam salahsatu system di cabang ilmu itu yang saling terikat dan dapat dijelaskan secara mendalam. Setelah mengkaji terkait persoalan penentuan awal bulan di Negara Libya yang masih belum begitu banyak literatur mengenainya. Meskipun begitu penulis mendapatan beberapa berita acara terkait penentuan awal bulan di Negara Libya yang kedepannya dapat menjadi bahan refrensi bagi khalayak umum dalam meneliti lebih lanjut. Sehingga saran penulis untuk kedepannya perlu adanya kajian lebih mendalam lagi terkait konsep penentuan awal bulan di Negara Libya yang lebih terbuka lagi terkait prosesnya dalam penentuan awal bulan Islam, khusunya dari otoritas pemerintahannya dalam bersikap dan transparansi otoritas Negara Libya terkait penentuan awal bulan sebagai waktu pelaksanaan ibadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'mal, Fadhahilalfadhahilalamala@gmail.comC96219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Elly Uzlifatulellyuzlifah@uinsby.ac.id--
Subjects: Islam
Falak
Keywords: Ilmu falak; ijtima' qobla fajr; negara Libya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Fadhahilal A'mal
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:41
Last Modified: 03 Jul 2023 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63077

Actions (login required)

View Item View Item