Political branding Puan Maharani di media sosial Instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Hamdani, Abdul Malik (2023) Political branding Puan Maharani di media sosial Instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Malik Al Hamdani_B05219002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abdul Malik Al Hamdani, NIM. B05219002, 2023. Political Branding Puan Maharani di Media Sosial Instagram. Pembangunan political branding politisi melalui citra personal, utamanya personal branding, telah ada sejak dulu. Efek dari personal branding yang berhasil bagi politisi sendiri adalah, branding yang sukses mampu mengidentifikasi citra personal politisi dibandingkan politisi yang lainnya. Sebagai politisi dari Partai PDI-P, Puan Maharani juga menggunakan political branding untuk mengangkat citra politiknya, melalui media sosial Instagram Puan Maharani memanfaatkannya sebagai alat untuk menarik perhatian publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami political branding yang dilakukan Puan Maharani. Peneliti menggunakan pendekatan kontruktivisme dengan jenis penelitian analisis framing model Robert N. Entman. Analisis ini membagi elemen menjadi empat, yaitu define problems, diagnose causes, make moral judgedment dan treatment recommendation. Dalam penelitian ini empat elemen tadi dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu identifikasi diri, produk politik, dan positioning. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori framing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Puan Maharani berusaha selalu menampilkan dirinya pada postingan Instagramnya agar bagi seseorang yang melihat postingan tersebut akan terkesan terhadapnya. Terlihat dari kajian identifikasi diri, produk politik, dan positioning bahwa Puan Maharani selalu membranding dirinya agar terlihat peduli terhadap masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Hamdani, Abdul Malikmalikkun460@gmail.comB05219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Komunikasi
Demokrasi
Keywords: Political branding; media; Puan Maharani
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Abdul Malik Al Hamdani
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:44
Last Modified: 04 Jul 2023 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63105

Actions (login required)

View Item View Item