Pendampingan ibu-ibu jam'iyyah manaqib dalam peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan limbah padat industri tahu di dusun Semandanig desa Sumbermulyo kecamatan Jogoroto kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Adinda Regita (2023) Pendampingan ibu-ibu jam'iyyah manaqib dalam peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan limbah padat industri tahu di dusun Semandanig desa Sumbermulyo kecamatan Jogoroto kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Regita Cahyani_B72219053.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai proses pendampingan yang dilakukan bersama dengan kelompok perempuan Dusun Semanding dengan memanfaatkan limbah padat industri tahu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu jam’iyyah manaqib dengan memanfaatkan potensi atau asset yang dimiliki oleh Desa maupun potensi dalam dirinya. Pendampingan yang dilakukan bersama dengan ibu-ibu jam’iyyah manaqib berupa inovasi pengelolahan limbah padat ampas tahu menjadi kue brownies, kue bawang gunting dan kue mille crepes. Dengan mengolah limbah padat ampas tahu tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemandirian perekonomian bagi masyarakat Dusun Semanding. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang mana metode ini berfokus pada pengembangan aset dan potensi yang dimiliki untuk mewujudkan atau mencapai tujuan yang diharapkan. Pendekatan ini memiliki beberapa tahapan yang meliputi menemukenali aset (discovery), memimpikan masa depan (dream), merancang strategi (design), menentukan stategi yang telah dirancang (define), dan melakukan aksi (destiny). Strategi program yang diterapkan yaitu, 1) membentuk kelompok yang terdiri dari ibu-ibu jam’iyyah manaqib yang mempunyai kreatifitas dan inovattif tinggi, 2) melakukan edukasi limbah padat ampas tahu dan pelatihan pembuatan label dan pemasaran, 3) pelatihan pembuatan kue brownies ampas tahu, kue bawang gunting aneka rasa dan kue mille crepes dari ampas tahu, 4) proses pengemasan dan pemasaran, dan 5) pengusulan draft kebijakan. Hasil kegiatan pendampingan yaitu terciptanya kelompok usaha perempuan yang mampu memanfaatkan serta mengolah aset atau potensi yang dimiliki, terdapat perubahan perspektif atau pola pikir yang positif mengenai limbah ampas tahu yang dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga menghasilkan produk brownies, kue bawang gunting aneka rasa, dan mille crepes yang memiliki nilai ekonomi tinggi, serta memahami perhitungan laba dan proses pemasaran. Selain itu, pemberdayaan yang telah dilakukan mampu membuat perubahan dalam masyarakat yakni meningkatkan perekonomian mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Adinda Regitaadindaregitacahyani4@gmail.comB72219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pendampingan masyarakat; ekonomi kreatif; olahan limbah padat ampas tahu; kelompok usaha perempuan produktif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Adinda Regita Cahyani
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:23
Last Modified: 04 Jul 2023 01:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63124

Actions (login required)

View Item View Item