Pemberdayaan masyarakat melalui promosi kebun bang jani untuk meningkatkan perkembangan desa wisata di kampung du’ur desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamila, Emi (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui promosi kebun bang jani untuk meningkatkan perkembangan desa wisata di kampung du’ur desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emi Jamila_B02219009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan aset dan potensi yang dimiliki Masyarakat Desa Langkap melalui upaya pengembangan Desa Wisata Kebun Bang Jani. Kebun Bang Jani merupakan Bangkalan Sejahterakan Petani. Kebun Bang Jani berfungsi sebagai pusat bibit berbagai tanaman, sekaligus sebagai pusat edukasi wisata pertanian, memanjakan pengunjung dengan wisata petik buah, petik sayur, zona wisata, taman bermain anak, wisata selfie, dan wisata kolam pancing serta memiliki 6 green house yang terisi dengan berbagai macam tanaman. Kebun Bang Jani memiliki berbagai tempat spot foto, taman bermain, bujasera, pendopo dan lain-lain. Penelitian ini juga untuk mengembangkan promosi Desa Wisata melalui media sosial dan pernak-pernik souvenir gantungan kunci untuk memperkenalkan Kebun Bang Jani. Matode yang digunalan dalam penelitian ini adalah berbasis aset yaitu ABCD (Asset Based Community Development) dengan beberapa strategi pendekatan yaitu dimulai Inkuluturasi, dilanjut dengan mengungkap masa lalu (Discovery), menceritakan impian dan harapan (Dream), merancang strategi (Design), melaksanakan aksi (Define) dan monitoring dan evaluasi (Destinity). Dalam mencapai strategi ini maka dilakukan FGD (Focus Discussion Group) bersama masyarakat untuk menggali aset. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Masyarakat sadar akan aset dan potensi yang dimiliki dapat berdampak pada perkembangan Desa Wisata. Setelah proses pemberdayaan dilakukan, mulai dari tahap discovery dimana masyarakat memiliki beragam aset baik aset individu seperti menanam, memimpin dan lain sebagainya. Aset organisasi yakni Kebun Bang Jani dan aset fisik yang ada pada Kebun Bang Jani yaitu 6 green house dan berbagai tempat spot foto, bermain, bujasera dan pendopo. Tahap dream dimana ditemukan impian dan harapan komunitas Kebun Bang Jani untuk kedepannyaa seperti dikenal lebih luas oleh masyarakat luar. Tahap design peneliti dengan komunitas merancang strategi untuk mencapai impian dan harapan yang diinginkan yang dilanjut dengan tahap define yakni melaksanakan program promosi dengan video content creator dan membuat souvenir. Sampai pada tahap destiny yakni evaluasi dimana terdapat beberapa perubahan yang muncul. Beberapa perubahan masyarakat adalah dengan memanfaatkan potensi dan aset disekitar serta yang dimiliki yaitu membuat video content creator dan membuat souvenir gantungan kunci. Dengan tujuan program ini menciptakan perubahan bersama dan perkembangan desa wisata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamila, Emiemijamila16@gmail.comB02219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Promosi; Perkembangan Desa Wisata.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Emi Jamila
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:59
Last Modified: 04 Jul 2023 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63132

Actions (login required)

View Item View Item