Pesan Dakwah pada Series Webtoon “Ngopi Yuk!” Episode 860-862

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Muhammad Taufiqur (2023) Pesan Dakwah pada Series Webtoon “Ngopi Yuk!” Episode 860-862. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Taufiqur Rohman_B71219071 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks media, semiotika model Roland Barthes. Peneliti melakukan observasi dan pengumpulan data pada series webtoon “Ngopi Yuk!” episode 860-862 kemudian menganalisisnya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pesan dakwah aqidah yang disampaikan meliputi pesan mengenai keyakinan terhadap takdir Allah SWT. dan keyakinan bahwa kematian itu pasti, Serta pesan dakwah akhlak yang disampaikan meliputi pesan menjauhi sikap sombong, saling menghargai, saling mengingatkan pada kebaikan, hidup sederhana, bersyukur, menjalin silaturahmi, menjaga lisan, sabar, dan saling memaafkan. Dari hasil analisis peneliti, pada series webtoon “Ngopi Yuk!” episode 860-862 tidak ditemukan pesan dakwah syariah.Dari segala keterbatasan dalam penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya untuk lebih mengkritisi dalam analisis pesan dakwah dan memperdalam data-data penelitian yang diperlukan lewat berbagai metode pengumpulan data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Muhammad Taufiqurtaufiqur73@gmail.comB71219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pesan dakwah; webtoon; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Taufiqur Rohman
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:13
Last Modified: 05 Jul 2023 01:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63144

Actions (login required)

View Item View Item