Penerapan etika bisnis islam Al-Ghazali pada usaha rumah makan Ayam Geprek Sa'i di kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadchiyyah, Lailatul (2022) Penerapan etika bisnis islam Al-Ghazali pada usaha rumah makan Ayam Geprek Sa'i di kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Fadchiyyah_G94218189.pdf

Download (24MB)

Abstract

Bisnis dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan seseorang atau sekelompok dengan tujuan yang sama untuk memperoleh laba semaksimal mungkin. Kegiatan bisnis hendaknya dilakukan dengan tetap memperhatikan etika dalam berbisnis. Al-Ghazali berpendapat ada empat hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis yaitu dunia merupakan ladang akhirat, nilai-nilai kebaikan, keadilan dalam berusaha dan jauh dari perbuatan riba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam al-Ghazali pada usaha Ayam Geprek Sa’i di Kabupaten Tuban. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada beberapa karyawan dan konsumen di Rumah Makan Ayam Geprek Sa’i di Kabupaten Tuban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Rumah Makan Ayam Geprek Sa’i di Kabupaten Tuban sudah menerapkan empat prinsip etika bisnis Islam al-Ghazali dalam kegiatan bisnisnya, diantaranya yaitu tetap melaksanakan kewajiban sebagai muslim dengan melaksanakan sholat pada saat bekerja, membantu orang-orang yang membutuhkan dengan berbagai kegiatan sosial, berlaku adil dalam berusaha, dan menghindari riba dengan masih menerapkan transaksi pembayaran secara tunai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadchiyyah, Lailatullailafadchiyyah@gmail.comG94218189
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSa'adah, Mazro'atusmazroatus.saadah@gmail.com2027087703
Subjects: Bisnis
Etika
Keywords: Etika bisnis islam; al-ghazali; rumah makan ayam geprek sai
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lailatul Fadchiyyah
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:58
Last Modified: 21 Jul 2023 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63149

Actions (login required)

View Item View Item