Efektivitas media quizizz dalam usaha meningkatkan motivasi Belajar mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dan peserta didik di SMPN 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Ahmad Nuril (2022) Efektivitas media quizizz dalam usaha meningkatkan motivasi Belajar mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dan peserta didik di SMPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Nuril Falah_D01218006_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahya motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta didik kelas IX SMPN 13 Kota Surabaya. Hal tersebut terjadi akibat adanya peraturan pembatasan jarak antara Peserta didik dengan Peserta didik maupun dengan guru. Hal ini yang menyebabkan proses belajar menjadi tidak efektif sehingga menimbulkan perasaan jenuh dan bosan bagi Peserta didik. Oleh karena itu, salah satu Upaya untuk membantu meningkatkan motivasi belajar Peserta didik ialah dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi belajar Peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX SMPN 13 Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan Independent Sampel t-Test. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 72 Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil nilai angket Peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan Media Quizizz berpengaruh terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Peserta didik kelas IX SMPN 13 Surabaya. Hal ini berdasarkan hasil analisis data melalui uji Independent sampel t-Test diperoleh nilai signifikansi 0,00 kurang dari 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat diartikan bahwa variabel X (pengaruh media Quizizz) berpengaruh terhadap variabel Y (motivasi belajar Peserta didik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Ahmad Nurilkangfalah86@gmail.comD01218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Media Quizizz; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2023 10:00
Last Modified: 28 Jun 2023 10:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63150

Actions (login required)

View Item View Item