Strategi komunikasi Madrasah Diniyah Nurul Falah dalam rekrutmen siswa di Desa Mulyorejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muflihatin, Nur Aini (2023) Strategi komunikasi Madrasah Diniyah Nurul Falah dalam rekrutmen siswa di Desa Mulyorejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Muflihatin_B75219070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bagi sebuah lembaga sangatlah penting untuk mempunyai strategi komunikasi dalam rekrutmen yang berkualitas dan efektif saat menjalankan visi dan misi, guna mencapai tujuan dari lembaga itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan Madrasah Diniah Nurul Falah dalam rekrutmen siswa dan apa saja upaya yang dilakukan Madrasah Diniyah Nurul Falah dalam memperbaiki perencanaan strategi komunikasi rekrutmen siswa di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam penelitian ini teori yang pilih ialah teori komunikasi pemasaran terpadu. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa strategi komunikasi Madrasah Diniyah Nurul Falah dalam rekrutmen siswa diawali dengan perencanaan strategi komunikasi pemasaran dengan menentukan promosi dan tempat, memanfaatkan media sosial sebagai strategi periklanan, memasarkan dengan cara penjualan personal yakni secara tatapmuka dengan mengenalkan lembaga kepada masyarakat, serta memanfaatkan hubungan masyarakat dengan pihak madrasah untuk menjalin relasi dalam mempromosikan Madrasah Diniyah Nurul Falah. Temuan lain yang penulis dapatkan yaitu adanya kendala saat melakukan rekrutmen siswa yaitu kurangnya media komunikasi yang digunakan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Rekrutmen, dan Madrasah Diniyah Nurul Falah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muflihatin, Nur Ainiainimuflihatin@gmail.comB75219070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Pendidikan Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Santri
Keywords: Strategi komunikasi; rekrutmen siswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Aini Nur Aini
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:53
Last Modified: 09 Aug 2023 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63155

Actions (login required)

View Item View Item