Pemberdayaan petani menghadapi ketergantungan penggunaan bahan kimia pertanian di dusun Sambijajar desa Cengkok kecamatan Tarokan kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purbasari, Sintia Sindi (2023) Pemberdayaan petani menghadapi ketergantungan penggunaan bahan kimia pertanian di dusun Sambijajar desa Cengkok kecamatan Tarokan kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sintia Sindi Purbasari_B92219131.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sintia Sindi Purbasari, B92219131, 2023. Pemberdayaan Petani Menghadapi Ketergantungan Penggunaan Bahan Kimia Pertanian Di Dusun Sambijajar Desa Cengkok Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang ketergantungan petani dalam menggunakan bahan kimia pertanian di Dusun Sambijajar Desa Cengkok Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi ketergantungan petani dalam menggunakan bahan kimia di Dusun Sambijajar, untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan petani dalam mengatasi masalah ketergantungan bahan kimia pertanian di Dusun Sambijajar, dan untuk mengetahui bagaimana relevansi pemberdayaan petani dalam dakwah bil hal. Metode PAR (Participatory Action Research) digunakan dalam penelitian ini, yang memasukkan partisipasi masyarakat ke dalam proses pemberdayaan dan menempatkannya sebagai prioritas. Untuk menemukan solusi dari suatu masalah, proses penelitian mengkaji masalah-masalah sosial yang ada, Sehingga masyarakat dapat melihat perubahan sosial yang diinginkan. Adapun program yang dilakukan peneliti bersama petani adalah pelatihan pembuatan pupuk organik cair dan pestisida nabati, serta pengadaaan alat pengolah pupuk organik cair dan pestisida nabati. perubahan yang terjadi setelah adanya kegiatan adalah masyarakat memiliki pemahaman dan ketrampilan untuk mengembangkan pertanian ramah lingkungan, kelompok tani dapat mengorganisir sistem pertanian dengan baik, serta ada alat penunjang pertanian ramah lingkungan. Sehingga proses riset aksi ini dapat menciptakan perubahan sosial dalam masyarakat yang kuat dan mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purbasari, Sintia Sindisindisintia680@gmail.comB92219131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Pemberdayaan; petani; ketergantungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sintia Sindi Purbasari
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:47
Last Modified: 06 Jul 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63159

Actions (login required)

View Item View Item