Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kohesivitas kelompok pada komunitas fotografi Viscom UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Imro'atul (2023) Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kohesivitas kelompok pada komunitas fotografi Viscom UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imro'atul Mufidah_B75219057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai komunikasi interpersonal dan kohesivitas kelompok dengan dua rumusan masalah (1) Apakah ada pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kohesivitas kelompok pada komunitas fotografi Viscom UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Sejauh mana tingkat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kohesivitas kelompok pada komunitas fotografi Viscom UIN Sunan Ampel Surabaya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh komunikasi interpersonal dan sejauh mana tingkat pengaruhnya tersebut terhadap kohesivitas kelompok pada komunitas Viscom UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dalam bingkai teori sintalitas kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal (X) berpengaruh terhadap kohesivitas kelompok (Y) pada komunitas fotografi Viscom UIN Sunan Ampel Surabaya dengan r hitung 0,867 > 0,2423 r tabel dan signifikansi sebesar 5% terhadap 66 responden. Nilai koefisien determinasi penelitian ini sebesar r2 = 0,867 = 0,751689 yang artinya komunikasi interpersonal (X) memiliki tingkat hubungan korelasi yang sangat kuat dan bernilai positif terhadap kohesivitas kelompok (Y) tersebut sebesar 0,751689 = 75%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Imro'atulimroatulmufidah1620@gmail.comB75219057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Perilaku
Keywords: Komunikasi interpersonal; kohesivitas kelompok; komunitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Imro'atul Mufidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:26
Last Modified: 10 Jul 2023 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63161

Actions (login required)

View Item View Item