Penerapan prinsip dasar konsumsi islam menurut Imam Al Ghazali pada pembelian produk minuman Gelasku, studi kasus pada konsumen muslim Gelasku kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiani, Dina Dwi Rahayu (2023) Penerapan prinsip dasar konsumsi islam menurut Imam Al Ghazali pada pembelian produk minuman Gelasku, studi kasus pada konsumen muslim Gelasku kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Dwi Rahayu Setiani_G94218164..pdf

Download (3MB)

Abstract

Konsumsi dalam ajaran Islam merupakan aktivitas penggunaan barang dan jasa yang diperoleh dengan usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dengan didasarkan pada kebaikandunia dan akhirat. Penelitian skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui perilaku konsumen pada pembelian produk minuman Gelasku,mengetahui penerapan prinsip dasar konsumsi Islam yang dilakukan pada pembelian produk Gelasku dengan berdasarkan pemikiran dari Imam Al – Ghazali serta mengetahui kesesuaian perilaku konsumen dengan penerapan prinsip dasar konsumsi Islam menurut Imam Al - Ghazali. Pada penelitian skripsi ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif Deskriptif. Terdapat 13 responden yang digunakan dalam wawancara pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis model yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi para pelanggan Gelasku melakukan aktivitas konsumsi sebagai keinginan pribadinya, hal ini disebabkan adanya dorongan individu untuk melakukan konsumsi produk minuman dan juga pengaruh dari lingkungan sekitar. Dari penerapan konsumsi yang dilakukan para pelanggan Gelasku, perilaku yang dilakukan sebagian besar sudah sesuai dengan prinsip dasar konsumsi Islam menurut imam Al – Ghazali. Penelitian ini memberikan saran kepada para konsumen Gelasku agar dapat melakukan aktivitas konsumsi sesuai dengan kebutuhan dan tidak melakukan secara berlebihan. Dan diharapkan Penerapan prinsip dasar konsumsi Islam dapat diterapkan secara keseluruhan sesuai dengan ajaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiani, Dina Dwi Rahayudinadwisetiani@gmail.comG94218164
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Subjects: Perusahaan Perdagangan
Promosi
Konsumen
Keywords: Konsumsi; prinsip dasar; konsumen; pembelian; imam al ghazali
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dina Dwi Rahayu Setiani
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:14
Last Modified: 07 Jul 2023 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63162

Actions (login required)

View Item View Item