ألصراع الاجتماعي في رواية "عذراء جاكرتا" لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nissa, Maftukhah Khoirun (2023) ألصراع الاجتماعي في رواية "عذراء جاكرتا" لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maftukhah Khoirun Nissa_A71219055.pdf

Download (2MB)

Abstract

“Adzra’ Jakarta” merupakan salah satu novel karya Najib al-Kailani yang berlatarkan negara asing, Novel ini meceritakan kondisi gejolak politik Indonesia pada tahun 5691. Perbedaan Idiologi yang terjadi antara Islam dan Komunis menyebabkan timbulnya berbagai konflik yang terjadi dalam novel ini. Sehingga penelitian ini membahas tentang konflik social yang ada pada novel “Adzra’ Jakarta” karya Najib al-Kailani. Pembahasan pada penelitian ini berfokus pada dua hal, yaitu: (5) Macam-macam konflik social dalam novel “Adzra’ Jakarta” karya Najib al-Kailani, (2) Faktor pendukung penyebab konflik social dalam novel “Adzra’ Jakarta” karya Najib al-Kailani. Alasan peneliti menjadikan novel ini sebagai topik utama karena novel ini menampilkan berbagai macam konflik yang masih sering terjadi dalam kehidupan bangsa Indonesia saat ini. Penelitian ini menggunakan teori konflik milik Lewis Coser dengan konsep konflik relistis dan konflik non realistis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menemukan hasil analisis dari penelitian ini yaitu 6 bentuk konflik realistis yang berupa 2 konflik antar individu, 3 konflik antar individu dan kelompok, dan 4 konflik antar kelompok. Dan konflik non realistis hanya ditemukan satu data saja. Adapaun factor pendukung terjadinya konflik social dalam novel “Adzra’ Jakarta” adalah perbedaan antar Individu yang berupa perbedaan Idiologi dan kekecewaan. Dan perbedaan kepentingan ekonomi dan politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nissa, Maftukhah Khoirunmaftukhah.khoirunnissa@gmail.comA71219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfahinmasyhud@uinsby.ac.id2014057602
Thesis advisorShodikin, Shodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Konflik Sosial; Adzra’ Jakarta; Lewis Coser
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Maftukhah Khoirun Nissa
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:44
Last Modified: 04 Jul 2023 05:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63165

Actions (login required)

View Item View Item