Implementasi ekosistem halal value chain di UMKMTwisata religi Troloyo Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hilmi, Alivia Fitriani (2023) Implementasi ekosistem halal value chain di UMKMTwisata religi Troloyo Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alivia Fitriani Hilmi_G94219131.pdf

Download (26MB)

Abstract

Halal Value Chain adalah serangkaian proses halal yang bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan dan juga menjadi bentuk perlindungan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi halal Value Chain pada UMKM kuliner wisata religi Troloyo serta faktor yang mendukung dan menghambat implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan 6 informan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa halal Value Chain pada UMKM kuliner wisata religi adalah aktivitas utama yakni aktivitas logistik masuk yang transparan bahan halal, produksi yang positif halal, logistik keluar yang langsung pada konsumen akhir, penjualan dan pemasaran yang menyajikan bentuk dan kemasan seusia dengan fungsi serta pelayanan yang transparansi akan informasi produk. Dan implementasi pada aktivitas pendukung adalah akses infrastruktur, inovasi teknologi, SDM halal produk dan pengadaan barang dari supplier pilihan. Adapun faktor pendukung implementasi adalah lingkungan islami, SDM UMKM atas kehalalan produk, dan tindakan perbaikan produk. Sedangkan faktor penghambat implementasi adalah adanya penilaian kualitas produk berdasarkan kewajaran umum, tidak ada pendampingan halal produk, dan informasi kebijakan halal yang terbatas. Penelitian ini memberikan saran kepada UMKM wisata religi Troloyo agar dapat mengoptimalkan seleksi kualitas produk dan juga agar UMKM kuliner segera mendaftarkan usahanya untuk memiliki sertifikat halal. Hal ini akan menjadi daya tarik penjualan dan memuaskan konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hilmi, Alivia Fitrianialiviahilmy@gmail.comG94219131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Ekonomi Islam
Industri Kecil
Keywords: Halal value chain; UMKM; wisata religi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alivia Fitriani Hilmi
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:25
Last Modified: 05 Jul 2023 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63178

Actions (login required)

View Item View Item