Pendampingan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian melalui pengoptimalan objek wahana watesari minipark di Desa Watesari Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arumsari, Dea Arta Mevia (2023) Pendampingan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian melalui pengoptimalan objek wahana watesari minipark di Desa Watesari Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dea Arta Mevia Arumsari_B02219006.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai proses pendampingan masyarakat melalui optimalisasi objek wahana watesari minipark sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Watesari. Penelitian ini terjadi sebab beberapa hal antara lain karena kondisi aset Desa Watesari yang telah terkonsep sebagai desa wisata dan memiliki aset penunjang sektor pariwisatanya yakni Watesari Minipark. Selain itu, Desa Watesari memiliki aset sumber daya manusia dan organisasi yang berperan penting pada jalannya penelitian ini, yakni pengurus WMP, pemerintah desa, dan anggota PKK. Melalui aset tersebut masyarakat dapat memanfaatkannya secara maksimal sehingga mampu meningkatkan perekonomiannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghubungkan aset dan mimpi yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Assed Basic Community Development) yakni metode ini memfokuskan pada aset yang ada untuk dikembangkan sehingga dapat mempengengaruhi tingkat perekonomian masyarakat. Dalam metode ini memiliki tahapan yang biasa disebut dengan siklus 5-D yaitu define, discovery, dream, design, dan destiny. Hasil dari adanya proses pendampingan ini adalah meningkatnya pengetahuan dari masyarakat Desa Watesari perihal strategi branding wisata dan konten marketing sehingga dalam upaya meningkatkat perekonomian melalui aset Watesari Minipark masyarakat melakukan metode pemasaran digital dengan membuat brosur dan konten di media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arumsari, Dea Arta Meviaochy.tasy4@gmail.comB02219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Pemberdayaan
Pariwisata
Sumber Daya Manusia
Keywords: Pendampingan masyarakat; desa wisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dea Arta Mevia Arumsari
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:29
Last Modified: 05 Jul 2023 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63179

Actions (login required)

View Item View Item