Implementasi sewa menyewa tambak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tajung Widoro Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik perspektif maqashid syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Leviansyah, Moh Rizal (2023) Implementasi sewa menyewa tambak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tajung Widoro Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik perspektif maqashid syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Rizal Leviansyah_G94219167.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Sewa-Menyewa Tambak Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tajung Widoro Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Perspektif Maqashid Syariah merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana implementasi sistem sewa menyewa dalam pertambakan di Desa Tajung Widoro Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik dan Bagaimana implementasi sewa menyewa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tajung Widoro Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian field research berjenis deskriptif, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh akan diolah dan diuji menggunakan teknik triangulasi dan dianalisa sehingga menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) sewa-menyewa lahan tambak di Desa Tajung Widoro dijalankan oleh orang dewasa, terdapat dua macam kesepakatan yang pertama dilakukan dengan bukti tertulis dan yang kedua tanpa bukti tertulis hanya menggunakan omongan saling percaya dan tanpa menghadirkan saksi. Sistem sewa sudah sesuai dengan akad ijarah karena telah memenuhi rukun ijarah antara lain orang berakal, sighat, dan ujrah yang sudah ditentukan. Modal dan biaya operasional dibebankan pada pihak penyewa sesuai dengan kewajiban penyewa dalam akad ijarah. Pengembalian lahan sewa dalam keadaan kosong sesuai dengan kondisi awal kesepakatan. 2) Peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Tajung Widoro berdasarkan nilai nilai maqashid syariah bagi penyewa lahan dan pemilik tambak dilihat dari agama peningkatan pada kerohanian seperti amal jariyah, sedekat, zakat maal dan zakat fitrah. Peningkatan kesejahteraan pada indikator jiwa yaitu kemudahan dari segi mendapatkan fasilitas Kesehatan seperti kemuadahan dalam mendapatkan fasilitas berobat dirumah sakit maupun klinik. Peningkatan kesejahteraan dari segi akal yaitu peningkatan pengetahuan tentang sewa menyewa dan pengelolaan lahan pertambakan. Peningkatan kesejahteraan dari segi keturunan yaitu tercukupinya Pendidikan anak dari pihak pemilik dan penyewa mulai dari tingkat dasar sampai ketingkat perguruan tinggi. Dan peningkatan kesejahteraan dari segi harta dengan adanya sewa menyewa lahan tambak dinilai mampu meningkatkan perdapatan dari kedua belah pihak. Saran dalam penelitian ini bagi pihak yang berakad sewa-menyewa tetapi belom membuat perjajian dan menghadirkan saksi diharapkan menggunakan surat perjanjian dan menghadirkan saksi agar tidak terjadi kesalahfahaman. Dan juga bagi pihak penyewa menjaga lahan dengan baik agar akad sewa-menyewa bisa berlangsung dengan lancar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Leviansyah, Moh Rizalrizalleviansyah@gmail.comG94219167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad LathoifLathoif@uinsby.ac.id2003117501
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Kesejahteraan Sosial
Pertanian
Keywords: Sewa menyewa; kesejahteraan; maqashid syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: rizal leviansyah
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:53
Last Modified: 05 Jul 2023 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63182

Actions (login required)

View Item View Item