Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan bumdes melalui program depo air minum isi ulang untuk ketercukupan air minum sehat di Desa Pandansari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikah, Siti (2023) Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan bumdes melalui program depo air minum isi ulang untuk ketercukupan air minum sehat di Desa Pandansari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Sholikah_B02219039.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang suatu proses pendampingan yang memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pembangunan ekonomi kreatif melalui aset alam yang melimpah yakni berupa sumber mata air sumber ciri. Aset tersebut belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat secara maksimal. Kelompok penyedia depo menjadi subjek dampingan yang dilakukan peneliti. Penelitian ini menggunakan model pendekatan Aset Based Community Development (ABCD). Langkah- langkah yang dilakukan peneliti dalam menggali data dalam penelitian ini menggunakan rangkaian aksi di lapangan yaitu dengan wawancara, FGD dan pemetaan. Hasil dari kegitan ini adalah terwujudnya perubahan perilaku masyarakat untuk memanfaatkan aset alam, serta bertambahnya produk dari kelompok bumdes sumbersari. Dengan adanya kelompok bumdes dan program ini diharapkan kelompok bumdes akan menjadi sebuah inovasi baru dalam pembentukan dan peningkatan pendapatan Asli Desa (PADesa) serta mengurangi kemiskinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikah, SitiSitisholikah761@gmail.comB02219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munir--2017035901
Subjects: Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; ekonomi kreatif; pengembangan aset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Sholikah
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:34
Last Modified: 20 Jul 2023 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63189

Actions (login required)

View Item View Item