Analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh masyarakat desa tentang nikah dengan hitungan Jawa di Desa Tumbrasanom Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanani, Muhammad Zaki (2023) Analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh masyarakat desa tentang nikah dengan hitungan Jawa di Desa Tumbrasanom Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zaki Fanani_C01217021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Teknik pengumpulan datanya adalah field research menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Berdasar pada data yang telah diperoleh, diolah dengan cara editing, organizing dan dianalisis dengan teknik deskriptif yang menjelaskan dan memaparkan data yang telah dikumpulkan setelah itu dianalisis berdasarkan landasan hukum Islam terhadap pendapat tokoh msyarakat desa tentang nikah dengan hitungan Jawa di Desa Tumbrasanom Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro dan memperjelas hasil penelitian yang telah dilakukan pada kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pandangan tokoh masyarakat desa Tumbrasanom tentang nikah dengan hitungan Jawa yaitu pelaksanaan weton pranikah masih berlaku, masyarakat desa berpendapat bahwa upacara perkawinan itu harus dilaksanakan pada hari dan bulan yang tepat agar kehidupan mempelai dan keluarganya rukun dan aman. Berdasarkan analisis hukum Islam terhadap pendapat tokoh masyarakat desa mengenai perkawinan dengan hitungan Jawa di desa Tumbrasanom termasuk dalam ‘urf s{ah{ih yang sesuai dengan syarat ‘urf, tidak bertentangan dengan syara’, tidak menyebabkan kemafsadahan dan berlaku umum di masyarakat Tumbrasanom. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kedepannya dapat memberikan pembelajaran kepada generasi penerus tentang budaya hitungan Jawa agar tidak hilang dan hilang dikemudian hari. Pembinaan merupakan solusi terbaik untuk menjaga kelestarian budaya yang masih dianggap baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanani, Muhammad Zakizakimauza@gmail.comC01217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'unsamun@uinsby.ac.id2008085901
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Keywords: Hukum Islam; pandangan tokoh masyarakat desa; nikah; hitungan Jawa; weton
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhammad Zaki Fanani
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:09
Last Modified: 06 Jul 2023 01:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63198

Actions (login required)

View Item View Item