Pengaruh Return On Asset (ROA), Non Performing Financing (Npf) dan Financing To Deposit Ratio (Fdr) terhadap pembiayaan Murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Fahmi Ali (2023) Pengaruh Return On Asset (ROA), Non Performing Financing (Npf) dan Financing To Deposit Ratio (Fdr) terhadap pembiayaan Murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Ali Kurniawan_G94219145.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial ROA, NPF dan FDR terhadap pembiayaan murahahah. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berbentuk asosiatif kausal dengan tujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari variabel-variabel yang dipilih. Teknik pengambilan sampel berbentuk sampel jenuh dengan memasukkan seluruh populasi ke dalam sampel. Populasi yang dimaksud adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada periode 2015-2021 dengan mengambil laporan keuangan dari Statistik Perbankan Syariah (SPS). Analisis data dilakukan dengan software statistik SmartPLS 3.0. Berdasakan hasil pengujian path coefficient menunjukkan bahwa secara parsial ROA tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pembiayaan murabahah, kenaikan atau penurunan persentase ROA tidak akan mengubah porsi pembiayaan murabahah. Secara parsial NPF memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan murabahah. Sehingga melalui penurunan NPF maka akan berdampak pada peningkatan pembiayaan murabahah, begitu pula sebaliknya. Secara parsial FDR memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan murabahah. Penurunan FDR disebabkan oleh perbandingan yang terlalu jauh antara total pembiayaan dengan total Dana Pihak Ketiga (DPK). Walaupun FDR mengalami penurunan, bank syariah tetap memaksimalkan kegiatan pembiayaan melalui akad murabahah sehingga terus mengalami peningkatan. Saran penelitian untuk Bank Umum Syariah adalah ketika menganalisis faktor internal yang dapat mempengaruhi pembiayaan murabahah, diharapkan bank dapat mengelola manajemen risiko agar dapat meminimalisir masalah pembiayaan nasabah. Misalnya dengan melakukan analisis mendalam terkait calon nasabah pembiayaan. Untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti rasio keuangan lain maupun komponen eksternal yang barangkali juga turut berkontribusi terhadap perubahan pembiayaan murabahah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Fahmi Alifahmialikurniawan@gmail.comG94219145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Bank Islam
Keywords: ROA; NPF; FDR; Murabahah; Bank umum syariah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Fahmi Ali Kurniawan
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:24
Last Modified: 06 Jul 2023 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63200

Actions (login required)

View Item View Item