Eco sufisme menurut Seyyed Hossein Nasr: sebuah kajian pemikiran ekologi dalam tasawuf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhri, Mochammad Badri (2023) Eco sufisme menurut Seyyed Hossein Nasr: sebuah kajian pemikiran ekologi dalam tasawuf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Badri al Fakhri_E07218017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat masyarakat mengetahui apa itu EcoSufisme dan bagaimana konsep yang akan diterapkan Tokoh Seyyed Hossein Nasr, hingga apa pengaruhnya terhadap masyarakat umum. Penelitian ini terlaksana pada bulan Oktober hingga November 2022, dilakukan dengan menerapkan dua metode yakni dengan Library Research dan Field Research yang tetapi lebih banyak menggunakan kepustakaan dikarenakan lebih konkretnya pendataan buku, jurnal, artikel, bahkan ensiklopedi, dsb oleh peneliti terdahulu. Dalam pembahasan ini lebih menekankan kepada kita masyarakat umum untuk lebih mengerti dan lebih lagi memperhatikan lingkungan yang ada disekitar kita entah dari benda mati ataupun benda hidup yang dimana itu akan membuat kita lebih peka terhadap sekitar. Minimnya kesadaran manusia akan tentang menyelamatkan lingkungan dan membangun keselarasan ekosistem. Tasawuf saat ini sudah berkembang cukup signifikan dalam hal menanggapi fenomena krisis umum yang manusia hadapi sekarang. Kemudian muncullah pemikiran tentang Ekologi yang berbasis Tasawuf dan lebih akrab disebut dengan Ekosufisme yang dimana mencerminkan gerakan baruxuntuk menyelesaikan sebuah masalahxkrisis lingkungan global dari prespektif spiritualismexIslam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhri, Mochammad Badrifazifa3@gmail.comE07218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Bencana alam
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Islam dan Humanisme
Keywords: Eco sufisme; Seyyed Hossein Nasr; konsep Tuhan, alam, dan Manusia, krisis lingkungan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mochammad Badri al Fakhri
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:50
Last Modified: 07 Jul 2023 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63209

Actions (login required)

View Item View Item