Gaya hidup sosialita: kontekstualisasi tafsir surah at-Takathur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Cahyani Nur (2022) Gaya hidup sosialita: kontekstualisasi tafsir surah at-Takathur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cahyani Nur Hikmah_E03217013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan di dunia semakin pesat dengan adanya modernisasi. Hal tersebut mengalami unsur-unsur perubahan dengan kecepatan yang berbeda dalam berbagai aspek kehidupan, sehingga membuat manusia tenggelam dalam kesibukan dan popularitas di dunia. Realita saat ini adalah manusia dengan gaya hidup bermegah-megahan sudah menjamur di kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah fenomena gaya hidup sosialita, yang melampaui peringatan dalam kandungan surah at-Takathur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini untuk mengetahui penafsiran para mufassir terhadap surah at-Takathur serta bagaimana kontektualisasi surah at-Takathur di era kontemporer.Untuk menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu objek penelitian pada buku-buku dan literatur terkait. Penjelasan dalam skripsi ini arahnya pada penafsiran para mufassir terhadap surah at-Takathur beserta kontektualisasinya di era kontemporer. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian tafsir ini adalah metode tahlili.Hasil dari penelitian ini adalah gaya hidup sosialita dinilai bertentangan dengan kandungan surah at-Takathur. Adapun kontektualisasi surah at-Takathur di era kontemporer yaitu larangan melakukan flexing serta anjuran hidup sederhana sebagaimana telah diajarkan dalam syari‟at Islam maupun telah dicontohkan dalam kehidupan Rasulullah SAW.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Cahyani Nurcahyanihikmah23@gmail.comE03217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulk.umami@uinsby.ac.id0001614
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Keywords: Gaya hidup; sosialita; at-Takathur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Cahyani Hikmah
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:55
Last Modified: 10 Jul 2023 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63215

Actions (login required)

View Item View Item