Optimalisasi penghimpunan dan penyaluran zakat profesi di kalangan ASN kementerian agama kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Winda Arifial (2023) Optimalisasi penghimpunan dan penyaluran zakat profesi di kalangan ASN kementerian agama kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Winda Arifial Hikmah_G05219030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Optimalisasi Penghimpunan dan Penyaluran Dana Zakat Profesi dikalangan ASN Kementerian Agama Kota Surabaya” penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penghimpunan dan penyaluran zakat profesi di UPZ Kemenag Kota Surabaya sudah optimal dan bagaimana bentuk pengoptimalan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana optimalisasi penghimpunan zakat profesi di UPZ Kementerian Agama Kota Surabaya, dan bagaimana optimalisasi penyaluran zakat profesi di UPZ Kementerian Agama Kota Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis dan sumber data primer dan sekunder, data tersebut diperoleh secara langsung dari Penyelenggara syariah atau pengelola UPZ Kemenag Kota Surabaya melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta di analisis sehingga dapat ditarik kesimpulan.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi yang dilaksanakan oleh UPZ Kemenag Kota Surabaya melalui sosialisasi telah berhasil meningkatkan perolehan penghimpunan zakat profesi dari pada bulan sebelumnya, sehingga penyaluran zakat profesi juga bertambah. Meningkatnya penghimpunan zakat profesi sebesar 5% berarti bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh UPZ sebagai bentuk upaya optimalisasi dapat dikatakan berhasil sehingga semakin banyak program kerja yang disalurkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka peneliti memberikan saran kepada UPZ Kemenag Kota Surabaya untuk tetap konsisten dalam menjalankan sosialisasi disetiap bulannya supaya seluruh ASN yang wajib zakat bersedia membayarkan zakat profesinya di UPZ Kemenag Kota Surabaya dan dapat membantu pengentasan kemiskinan melalui program kerja yang dijalankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Winda Arifialwindaarifial05@gmail.comG05219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitisitimusfiqoh@uinsby.ac.id2013087601
Thesis advisorDikuraisyin, Basarbasardikuraisyin@uinsby.ac.id2129118801
Subjects: Zakat
Keywords: penghimpunan; penyaluran; UPZ; ASN
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Winda Hikmah
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:08
Last Modified: 06 Jul 2023 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63234

Actions (login required)

View Item View Item