Pemikiran feminisme faqihuddin abdul kodir: studi analisis terhadap perempuan kekurangan akal dan agama perspektif qira'ah mubadalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahrok, Hawin Sakina Hidayati (2022) Pemikiran feminisme faqihuddin abdul kodir: studi analisis terhadap perempuan kekurangan akal dan agama perspektif qira'ah mubadalah. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hawin Sakina Hidayati Zahrok_E91217036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tekshadisperempuankurangakaldanagamamerupakanhadissahihyangdiriwayatkan secara mutawatir yang terdapat diberbagai kitab induk seperti bukhari danmuslim. Teks hadis ini seringkali dimaknai secara literal yang mengakibatkan adanya biasgender terutama terhadap perempuan. Perempuan seringkali dianggap sebagai manusiayang kurang rasional dan dan kurang dalam agamanya. Namun, sebuah teks selalu terbatas menghadapi realitas yang luas.Realita yang meliputi budaya,alam,sosial,dan lain sebagainya berkembang begitu dinamis. Penelitian ini bertujuan untukmenemukan makna baru yang bersifat kesalingan. Yang dianalisisnya menggunakan metode intreptasi qira’ah mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan(Library Research).Tidak hanya itu,penelitian ini juga menggunakan teori feminisme Faqihuddin Abdul Kodir dalam menganalisis problematika gender dalam teks hadis perempuan kurang akal dan agama. Melalui tiga tahapan metode mubadalah, maka ditemukan bahwa laki-laki juga memiliki peluang kurang dalam hal akal dan agamnya itu,sebagaimana ia adapada perempuan. Bahkan ada pada setiap orang dan segala macam kehidupan itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahrok, Hawin Sakina Hidayatiikhsanrosenta123@gmail.comE91217036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Akulturasi
Kebudayaan
Wanita dalam Islam
Keywords: Feminisme; perempuan; akal; agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Hawin Sakina Hidayati Zahrok
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:56
Last Modified: 06 Jul 2023 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63249

Actions (login required)

View Item View Item