Rancang bangun sistem informasi fundraising dana zakat, infak, sedekah lazis Nurul Falah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prastyo, Dhika Leo (2021) Rancang bangun sistem informasi fundraising dana zakat, infak, sedekah lazis Nurul Falah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhika Leo Prastyo_H76214009 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zakat merupakan pranata keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga zakat dikelola secara melembaga sesuai dengan syariat Islam. Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan seorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. Sedangkan Infak dan Sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan seorang imuslim secara sekarela ikhlas tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu. Indonesia salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam tentu memiliki angka ZIS cukup besar, hal ini membuat pemerintah Indonesia membentuk Badan Amil Zakat Nasional yang bertugas untuk melakukan pengelolaan dana ZIS. Lazis Nurul Falah Surabaya merupakan lembaga amil zakat, infak, sedekah tingkat Nasional. Resmi berdiri pada 28 Februari 2018 dengn SK KEMENAG RI NO 407 TAHUN 2018. Selama ini pencatatan dan pelaporan dana zakat, infak, dan sedekah di LAZIS nurul falah masih manual. Sehingga memungkinkan terjadinya ketidak-akuratan data dalam pencatatan dana yang masuk dan keluar. Maka dalam meningkatkan efektifitas pekerjaan maka perlu adanya sebuah sistem informasi yang membantu meningkatkan kinerja fundraiser. Hal tersebut menjadi latar belakang peneliti untuk membangun sistem informasi pengumpulan dana zis untuk fundraiser di lazis nurul falah. Dengan adanya sistem ini proses penyebaran informasi dan pengelolaan dana administrasi menjadi lebih cepat, mudah dan efesien. Sehingga dapat meningkatkan produktifitas kinerja Lazis Nurul Falah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prastyo, Dhika LeoDhikale21@gmail.comH76214009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Subjects: Komputer
Tehnik Informatika
Amil Zakat
Keywords: Sistem Informasi; Zakat; Infak; Sedekah; Lazis Nurul Falah; Fundraiser
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Dhika Leo Prastyo Dhika
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:36
Last Modified: 06 Jul 2023 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63251

Actions (login required)

View Item View Item