Konstruksi islam moderat KH. Buya Syakur Yasin melalui channel youtube: analisis hermeneutika Paul Ricoeur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roib, Mohammad (2023) Konstruksi islam moderat KH. Buya Syakur Yasin melalui channel youtube: analisis hermeneutika Paul Ricoeur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Roib_E91218083.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membuka ruang wawasan terkait penafsiran KH. Buya Syakur Yasin terkait Islam Moderat. Pembahasan mengenai Islam moderat menjadi sangat penting untuk terus dikaji, mengingat masih banyaknya problematika umat Islam di Indonesia, baik problem intra umat maupun antar umat. Terlebih, Islam juga dihadapkan pada kekayaan dan perbedaan budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia, sehingga Islam harus dapat bersikap moderat dan adil terhadap umat agama lain. Buya Syakur Yasin merupakan salah satu tokoh pemikir Islam kontemporer yang cukup dihormati oleh ulama lainnya. Selain karena sebagai pimpinan dari sebuah pondok pesantren, Buya Syakur Yasin merupakan ulama yang dapat berpikir analitis dan kritis dalam kajian Islam. Di sisi lain, pemikiran Buya Syakur juga kerap menimbulkan kontroversi karena seringkali dimaknain secara literer. Maka penulis mencoba menggunakan metode analisis hermeneutika Paul Ricoeur yang menekankan pemahaman analisis teks melalui proses distansiasi terkait teks dan pembaca. Penelitian ini menghasilkan makna bahwa umat Islam yang moderat haruslah memiliki sikap untuk tidak merasa benar, menyadari akan adanya makna persatuan dalam kalimat tauhid, menyerahkan urusan surga dan neraka hanya kepada Allah, dan menyadari akan kesetaraan seluruh makhluk ciptaan-Nya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roib, MohammadMohroib1999@gmail.comE91218083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Dakwah > Hermeneutik
Dakwah > Dakwah - Filsafat
Keywords: Islam moderat; analisis; hermeneautika simbol
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Moh Roib
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:18
Last Modified: 06 Jul 2023 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63256

Actions (login required)

View Item View Item