Implementasi hadis-hadis halal lifestyle di lingkungan masyarakat Bukit Mas Residence Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Amelia (2023) Implementasi hadis-hadis halal lifestyle di lingkungan masyarakat Bukit Mas Residence Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Damayanti_02040621001 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar keresahan penulis terkait gaya hidup yang beredar di masyarakat. Gaya hidup di masyarakat yang semakin beragam dan hanya bertujuan untuk memenuhi tren berdampak pada rendahnya rasa awareness khususnya masyarakat muslim dalam pemilihan halal dan haram. Dalam penelitian ini akan menggunakan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Terdapat aspek-aspek yang penting dikaji menurut penulis. Pertama, bagaimana kualitas hadis-hadis Rasulullah Saw tentang halal lifestyle dari segi sanad dan juga matan. Kedua, bagaimana implentasi hadis-hadis tentang halal lifestyle di lingkungan masyarakat Bukit Mas Residence kecamatan Giri kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Ketiga, bagaimana makna penerapan halal lifestyle bagi masyarakat Bukit Mas Residence kecamatan Giri kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Hasil yang didapatkan dari penelitian di antaranya adalah pertama, kualitas hadi-hadis halal lifestyle dalam aspek ekonomi dan makanan minuman halal yang telah diteliti oleh penulis berstatus sahih. Sedangkan hadis halal lifestyle dalam aspek cara berpakaian berstatus hasan, namun hadis tersebut tetap dapat digunakan sebagai hujjah. Kedua, halal lifestyle dalam aspek ekonomi yang diimplementasikan oleh masyarakat adalah bagaimana mereka menghindari praktik riba dengan salah satu cara yaitu menggunakan bank syariah. Dalam aspek makanan dan minuman halal, pengimplementasian halal lifestyle dilakukan dengan cara menghindari makanan dan minuman haram yaitu tidak membeli produk sembarangan di luar, mempelajari sertifikat dan atau logo halal dalam produk, mencari informasi terkait bahan yang digunakan dan juga keyakinan atau agama dari pemilik usaha. Sedangkan dalam aspek cara berpakaian, pengimplementasian berpakaian yang benar sesuai syariat sebagaimana yang tertulis dalam Alquran dan hadis yaitu menutup aurat, tidak berlebih-lebihan dan mengenakan pakaian yang sesuai. Ketiga, makna penerapan halal lifestyle terbagi menjadi dua yaitu kategori latar belakang yaitu ideologi agama dan refleksi dari gaya hidup sebelumnya. Adapun kategori tujuan yaitu kesehatan jasmani dan rohani dan peningkatan kualitas hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Ameliaameliadamay19@gmail.com02040621001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIdri, Idri--2002016701
Thesis advisorHamidah, Lilik--2017127301
Subjects: Ekonomi Islam
Islam, Pakaian dan Perhiasan
Masyarakat
Keywords: Hadis; Halal Lifestyle; Fenomenologi
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Amelia Damayanti
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:27
Last Modified: 06 Jul 2023 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63263

Actions (login required)

View Item View Item