Pengaruh penggunaan media flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Gres Jesy Faiha (2023) Pengaruh penggunaan media flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gres Jesy Faiha Islami_D77219044.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan yang terjadi pada siswa yang menilai bahasa arab merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dimengerti sehingga membuat siswa di dalam kelas kurang antusias dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran selain itu siswa juga merasa jenuh dan bosan, hal tersebut dapat mengakibatkan rendahnya pengetahuan siswa dalam mata pelajaran bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media flash card terhadap penguasaan kosa kata bahasa arab kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis desain penelitian berupa quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III MINU Ngingas Waru Sidoajo, peneliti menggunakan dua kelas dengan diberikan perlakuan menggunakan media flash card di kelas eksperimen (III B) dan menggunakan pembelajaran konvesional di kelas kontrol (III A). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni berupa tes yang berbentuk lisan. Sebelum diberikan perlakuan, peneliti memberikan tes awal (Pretest) dan memberikan tes akhir (Posttest) setelah dilaksanakan perlakuan tujuannya untuk mengetahui peningkatan pengetahuan kosa kata yang diketahui oleh siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai Pretest kelas eksperimen sebesar 14,93 , dan kelas kontrol sebesar 14,59 sedangkan untuk rata-rata Posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 26,15 dan untuk kelas kontrol sebesar 21,41. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diberikan perlakuan. Hasil uji-t pada penelitian ini yakni H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan skor nilai kelas kontrol yang pembelajarannya tidak menggunakan media flash card dengan skor nilai kelas eksperimen yang menggunakan media flash card pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas III B dan III A MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Maka pada penelitian ini dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media flash card terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Gres Jesy Faihagfaihaislami@gmail.comD77219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media flash card; penguasaan kosakata; bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gres Jesy Faiha Islami
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:48
Last Modified: 27 Jul 2023 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63265

Actions (login required)

View Item View Item